Bencana Tsunami dan Stress Pascatrauma Pada Anak
Abstract
Bencana tsunami memang telah menghancurkan sendi-sendi kehidupan masyarakat Aceh. Namun, masyarakat Aceh dan anak-anak Aceh secara umum tidak menunjukkan gejala-gelaja Post-Traumatic Stress Disorders/PTSD. Penulisan ini menggunakan metode literature review dengan identifikasi, evaluasi, serta interpretasi terhadap semua hasil penelitian terkait topik tertentu. Berdasarkan literature review didapatkan hasil bahwa masyarakat Aceh dan anak-anak Aceh secara umum tidak menunjukkan gejala-gelaja Post-Traumatic Stress Disorders/PTSD. Rendahnya PTSD diduga disebabkan oleh (a) Perjalanan panjang masyarakat Aceh dengan perang dan konflik membuat mereka mampu mengembangkan harapanpositif akan hikmah dibalik bencana tsunami; (b) Nilai dan keyakinan yang diinternalisasikan oleh para pemimpin Aceh mampu membuat proses akselerasi "menerima tsunami sebagai takdir Tuhan yang akan memberikan kebaikan dan kebahagiaan bagi masyarakat Aceh pasca bencana"; (c) Budaya keluarga besar dan budaya komunal pada masyarakat Aceh memberikan kontribusi positif bagi anak-anak Aceh untuk segera mendapatkan figur pelindung dan pengganti orang tua bagi anak-anak yang kehilangan orang tua; dan merasa tidak sendiri dalam menghadapi penderitaan pasca tsunami. Bantuan banyak pihak dan relawan terutama untuk memberikan proses pembelajaran kepada anak-anak Aceh pasca bencana telah mampu membuat anak-anak Aceh segera kembali pada normalitas tugas-tugas perkembangannya yaitu belajar dan bersekolah. Stres anak-anak Aceh pasca tsunami lebih disebabkan oleh kondisi lingkungan eksternal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Zakiah, E., Rosalinda, I., Mauna. Gambaran Post-Traumatic Stress Disorder (Ptsd) Pada Penyintas Banjir. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. 2021
Corner, J.R. Abnormal Psychology. Second Edition. New York: W. H. Freeman and Company. 1995
Boeree, C.G. Personality Theories "Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia" Yogyakarta: Prismasophie. 2006
Kliewer W., Lepore SJ., Oskin D. and Johnson PD. The Role of Social and Cognitive Process in Children’s Adjusment to community Violence. Journal of Consulting and Clinical psychology. 69: 706–711. 1998
Davison, C.G. and Neale, M.J. Abnormal Psychology. Sixth Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc. 1996
DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v1i1.17219
Article Metrics
Abstract Views : 64 timesPDF Downloaded : 19 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ainal Mardhiah, Zulhilmi Zulhilmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2830-6473 (media online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.