FAKTOR DETERMINAN NASABAH DALAM PEMILIHAN BANK SYARIAH DI ACEH TENGAH
Abstract
Perkembangan dunia perbankan syariah di Indonesia saat ini tidak lepas dari peran utama para nasabah yang memberikan kepercayaan terhadap pihak perbankan untuk mengelola asset keuangannya. Beberapa penelitian terdahulu menyebutkan bahwa banyak kelompok nasabah yang memutuskan pilihannya untuk menjadi nasabah di perbankan syariah karena faktor religiusitasnya, selain itu juga ada yang memilih perbankan syariah dengan faktor rasionalitas ekonomi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor determinan nasabah dalam pemilihan bank syariah di aceh khususnya di kabupaten Aceh Tengah. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan jumlah sampel 50 nasabah. Diperoleh hasil y= -5,157 + 0,167x1 + 0,409x2. Berdasarkan uji f yang sudah dilakukan maka dapat diketahui bahwa variabel religiusitas dan rasionalitas ekonomi secara bersama–sama berpengaruh terhadap pilihan nasabah pada bank syariah di kabupaten aceh tengah. Berdasarkan uji t yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa secara partial baik variabel religiusitas maupun variabel rasionalitas ekonomi berpengaruh terhadap pilihan nasabah pada bank syariah di kabupaten Aceh Tengah
Full Text:
PDFReferences
Adiwarman A. Karim. (2007). Ekonomi Mikro Islami Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Alfi Muflikhah Lestari. (2015) “Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)” Skripsi, Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
Ancok, D., & Suroso, F. N. (1994). Psikologi islami solusi islam atas problem-problem psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,1994
Atik Masruroh. (2015). “Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Disposible Income terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa STAIN Salatiga)”Skripsi, STAIN Salatiga
Bernard Raho, SVD. (2007). Teori Sosiologi Modern, (Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Bitha Mikkelsen. (1995). Methods for Development Work and Research: A Guide for Practitioners, translated by Matheos Nalle, 3th Edition, Jakarta: Kencana
D. Muijs. (2004). Doing Quantitative Research in Educational with SPSS London: Sage Publications, 2004
Desy Fatmawati. (2015). “Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Dan Informasi Terhadap Intensi Menabung Di Bank Syariah Pada Kalangan Santri Mahasiswa Pp. Wahid Hasyim Di Sleman”, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Eko Suprayitno. (2008). Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Malang: UIN-Malang Press
Faisal Indra Setiawan dan Ananda Sabil Hussein. (2016) “Pengaruh Persepsi Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kota Cirebon dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Glock, C. Y., & Stark, R., Religion and society in tension, (San Francisco: Rand McNally, 1970)
Gregor Polancik. (2009). Empirical Research Method Poster, Jakarta
http://www.academia.edu/4370515/LEMBAGA_PERBANKAN_INDONESIA
J. H. Mc Millan &S. Schumacher. (2006). Research in Education: Evidence-Based Inquiry
James F. Engel. (1968). Consumer Behavior Illinois: The Dryden Press, Dikutip dari buku A. A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2002) Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama
John W. Creswell. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach, 2rd edition London: Sage Publications
John Wright, The Ethics of Economic Rationalism (Sydney: University of New South Wales Press, Ltd), 2003
Kotler dikutip dalam buku Bimo Walgito. (2001). Pengantar Psikologi Umum Yogyakarta: Andi Ofset
Leon G. Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk, Perilaku Konsumen. Terjemahan ,(Jakarta: PT, Macan Jaya Cemerlang), 2008.
Monzer Kahf, A contribution to the Theory of consumer Behaviour in an Islamic Society dalam Khursyid Ahmad (ed), Studies in Islamic Economics, (Leicester: The Islamic Foundation, 1981), 22-23.
Monzer Kahf. (1995). Ekonomi Islam: Telaah Analitik terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Islam, Cetakan I, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muhammad Muflih. (2006). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Nikmah Zahrotun. (2013). “Pengaruh dimensi religiusitas masyarakat santri desa Kajen kecamatan Margoyoso kabupaten Pati terhadap minat menabung (studi kasus pada BPRS Artha Mas Abadi)”, Skripsi, IAIN Wali Songo
nurul_q.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../bab1-sikap-1.pdf (Di akses 10 November 2010).
Roger LeRoy Miller. (2007). Economics Today 7th (New York: Harper Collins Publishers, 2001), 6, dikutip dalam Adiwarman A. Karim, Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Roscoe. 1982. Research Method for Business
S. Lichtenstein & P. Slovic. (2006). The construction of preference. New York: Cambridge University Press
S. Sarantakos, Social Research (Melbourne: MacMillan, 1998), 299.
S.J. Kraus. (1995). Attitudes and prediction of behavior: a meta-analysis of the empirical literature.” Personality and Social Psychology Bulletin, Januari 1995, 21, 58-75.
Said Sa’ad Marthon. (2007). Ekonomi Islam; Di Tengah Krisis Ekonomi Global, Luthfi Yansyah (ed). Jakarta: Zikrul Hikmah.
Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurrahman. (2009). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia, Cetakan Pertama
Sari, L. M., (2013). Tingkat religiusitas dengan kecemasan menghadapi menopause, Jurnal Online Psikologi, Vol. 01, 1-11.
Siswanto. (2007). Kesehatan Mental: Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta: ANDI
Sri Utami Rahayuningsih, “Psikologi Umum 2”
Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Suharsimin Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
T. K. Crowl. (1996). Fundamentals of Educational Research, 2nd Edition New York: McGraw – Hill
J. H. Mc Millan &S. Schumacher. (2006). Research in Education: Evidence-Based Inquiry. New York: Pearson Education, Inc
Toni Wijaya. (2009). Analisi Data Penelitian Menggunakan SPSS Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya
Uma Sekaran. (1992). Research Method for Business: A Skill Building Approach, 2ndEdition, New York
DOI: https://doi.org/10.29103/ekonomika.v7i2.1063
Article Metrics
Abstract Views : 757 timesPDF Downloaded : 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 EKONOMIKA INDONESIA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.