Pengaruh Promosi dan Keunggulan Produk Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Gadai Emas (Rahn) Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram Nagam Raya

Nirlia Okta Wirda, Israk Ahmadsyah, Evriyenni Evriyenni

Abstract


This study aims to determine the effect of promotion and product excellence on increase in the number of gold pawn customers (rahn) at PT. Bank Aceh Syariah Jeuram Nagan Raya Branch. This research method uses quantitative methods with data collection techniques through distributing questionnaires to 90 respondents, namely gold pawn customers (rahn) PT. Bank Aceh Syariah Jeuram Nagan Raya Branch. The partial test results show that the promotion variable has no effect on increasing the number of gold pawning customers (rahn). While the product excellence variable has an effect on increasing the number of gold pawn customers (rahn). Furthermore, the results of the simultaneous test show that the promotion and product excellence variables together have a significant effect on increasing the number of gold pawning customers (rahn) at PT. Bank Aceh Syariah Nagan Raya Branch.

Keywords


Promotion, Product Excellence, and Increasing Number of Customers

Full Text:

PDF

References


Amelia R.D. (2018). Pengaruh Pembiayaan Rahn Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah pada Pegadaian Syariah. (Skripsi UIN Raden Intan Lampung, 2018).

Ariebowo, S.A. (2016). Pengaruh Keunggulan Produk, Citra dan Nilai Nasabah Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Bank Mandiri Syariah Cabang JEMBER. (Skripsi Universitas Jember).

Astutik, P.E. (2018). Analisis Teknik Pemasaran Promosi Opentable dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. (Skripsi UIN SUNAN AMPEL).

Antonio, Syafii. (2001). Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.

Ascarya. (2015). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Ania. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas syariah di BRI Syariah KC Semarang.

Dewi. 2017. Pengaruh promosi, lokasi, dan prosedur pencairan pinjaman terhadap minat nasabah memilih produk gadai (rahn) di Pt. Pegadaian (persero) cabang Syariah Blauran Surabaya.

Exmawati, D.S. (2014). Pengaruh Pelayanan

dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Tulungagung. (Skripsi IAIN Tulungagung).

Fatwa Dewan Syariah Nasional (2002). No. 25/DSN-MUI/III/2002.

Fahrudin, M.F. (2015). Pengaruh Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Mandiri di Surabaya.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Anlisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Hasanah, Uswatun. (2016). Penerapan Akad Rahn, Qard, dan Ijarah dalam Produk Gadai Beragun Emas pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Banda Aceh. (Laporan Kerja praktik UIN Ar-Raniry).

Kartika, Dewi. (2014). Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Cipulir. (Skripsi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014).

Kusnaningtyas, A.A (2019). Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BRI Syariah KCP Ponorogo.

Lupiyoadi & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Mulkania & Irawan. (2018). Analisis bauran pemasaran produk rahn terhadap minat nasabah pada PT.Bank Aceh Syariah cabang samudera lhokseumawe.

Mahbengi, Rioni. (2019). Analisis Pengaruh Promosi, Pelayanan, dan Kualitas Produk Rahn (Gadai) Terhadap Kepuasan Nasabah di PT.Pegadaian Syariah Cabang AR. Hakim Medan. (Skripsi Universitas Muhammaddiyah Sumatera Utara Medan).

Mubin, M.N. (2019). Pengaruh Promosi, Pengetauan dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi studi masyarakat Desa Regunung.

Nuha U.F. (2018). Analisis Pengaruh Promosi, Lokasi dan Prosedur pencairan Pinjaman Terhadap Keputusan Memilih Produk Gadai (Rahn) di Unit Pegadaian Syariah Pasar Kliwon Cabang Solo Baru. (Skripsi Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Nuraini. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah di Bri Syariah Kcp Ponorogo.

Philip, Kotler. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta. PT. Ikrar

Philip, Kotler. (2002). Manajemen Pemasaran I. Milenium ed. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Philip, K. & Kevin L.K. (2016). Marketing Managment, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Riyono & budiharja, E.G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk aqua, Jurnal Stie Semarang. Vol 8, No 2.

Rianto, M. Nur. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Sarpinsyah, Bambang. (2019). Pengaruh Promosi dan Lokasi Terhadap Peningkatan Nasabah Produk Gadai (Rahn) pada PT. Pegadaian (Persero) UPS Madina. (Skripsi Institusi Agama Islam Negri Padangsidimpuan).

Sa‟adah, Faridaun. (2009). Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Pegadaian Syariah. Jurnal Al-Iqtishad, No. 2, Vol.1. 75.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Siregar, B.G. (2016). Pengaruh Promosi dan Lokasi Usaha Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Produk Giro Wadi’ah di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidempuan.

Sarwita, A.H (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung (Studi Kasus Pada Perumda BPR Majalengka).

Tjiptono, Fandi. (2015). Strategi Pemasaran. (Edisi ke-4). CV. ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. (Edisi ke-3). Yogyakarta.

Tampubolon, T.V & Prabawani, B. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Manfaat Terhadap Penggunaan Aplikasi Pertamina Go Di Kota Semarang.

Undang-Undang RI nomor 10 tahun 1998 tanggal 10 November. Wahjono, S.I. (2010). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Cetakan Pertama.

Wasiah, Siti (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan IB Siaga Pada Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo. Vol II. No. 1.

Zohriah, Siti. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah cabang Cakranegara Mataram. (Skripsi UIN Mataram).




DOI: https://doi.org/10.29103/jeru.v4i3.6599

Article Metrics

 Abstract Views : 560 times
 PDF Downloaded : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nirlia Okta Wirda, Israk Ahmadsyah, Evriyenni Evriyenni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.