Para Pemuja Ramuan Ajaib (Kontsruksi Kecantikan Anti Aging dalam Iklan Sk Ii R.N.A Power Airy Tang Wei’s Secret To Look Younger-Looking Skin)

Cut Rizka Al Usrah, Muhammad Alhada Fuadilah Habib, Fakhrurrazi Fakhrurrazi

Abstract


Artikel ini  bertujuan untuk melihat bagaimana sihir kecantikan awet muda yang ditawarkan oleh produk kecantikan anti penuaan SK II R.N.A Power Airy melalui iklan produk New SK II R.N.A Power Airy Tang Wei’s Secret to Look Younger-Looking Skin dapat menghipnotis perempuan untuk memiliki rasa takut dan kecemasan berlebih terhadap penuan. Penggunaan trik yang digunakan dalam kampanye iklan tersebut untuk  menjadikan perempuan sebagai pemuja ramuan ajaib yang paling setia serta takut terhadap penuaan. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Iklan adalah pesan komersial, yakni secara semiotika terdapat tanda dan makna. Melalui pelbagai tanda yang dapat dilihat secara visual tersebut, maka tampilan iklan produk anti penuaan dapat dikaji serta ditafsirkan melalui konteks dan kepentingannya dengan memandang aspek latar budaya dan idiologi yang membentuk tampilan iklan tersebut. Adapun temuan dari artikel ini adanya narasi besar mengenai kecantikan baik secara sadar maupun tidak sadar telah menghegemoni perempuan untuk selalu cantik dan dituntut mempertahankan kecantikannya. Hal ini didukung pula oleh media melaui tayangan iklan kecantikanproduk New SK II R.N.A Power Airy Tang Wei’s Secret to Look Younger-Looking Skin yang ditayangkan melalui media sosial baru seperti instagram, youtube, dan lain sebagainya. Konsep kecantikan yang dicitrakan melalui iklan tersebut yaitu perempuan muda berkulit putih cerah, sebenarnya merupakan sebuah narasi besar yang dianggap sebagai sebuah keharusan yang benar. Konsep kecantikan tersebut dapat menggiring opini khalayak ramai bahwa perempuan yang cantik adalah perempuan berkulit putih, awet muda serta memiliki tampilan tanpa cela sehingga menjadikan perempuan membenci tubuhnya sendiri dan takut terhadap penuaan.

Keywords


Konstruksi Keacantikan, Anti Penuaan, Semiotika

Full Text:

PDF

References


Abercrombie, Nicholas & Stephen Hill &Bryan S. Turner, 2010, Kamus Sosiologi, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, hal. 12

Al Usrah, Cut Rizka, 2018, Mitos Kecantikan Baru Melawan Penuaan (Studi Kasus: Komparasi Iklan di Media Massa dan Produk Kecantikan Berbasis Komunitas), Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada, hal. 1-4

Clarke, Laura Hurd, 2011, Facing Aging Women Growing Older in Anti-Aging Culture, United Kingdom, Rowman & Littlefield, hal. 77

Habib, Muhammad Alhada Fuadilah, 2018, The Constuction of the Ideal Male Body Masculinity in the Mister International Peagent, 2nd International Conference of Communication Science Research 24-25 July 2018; Surabaya, Indonesia http://conference-fikom.unitomo.ac.id , hal. 4

Kriyantono, Rachmat, 2009, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenada Media Group.Jakarta, hal. 118

Nawawi Hadari, 1995 , Instrumen Penelitian Bidang Sosial, Gajahmada University, Yokya-karta, hal. 104

Patria, Nezar, 1999, Antonio Gramsci Negara & Hegemoni, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, hal. 116

Patria, Nezar, 2015, Antonio Gramsci Negara & Hegemoni, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, hal. 115-116 dan 125-126

Rogers, Marry F, 2003, Barbie Culture: Ikon Budaya Konsumerisme, Yogyakarta, Bentang Budaya, hal. 185

Wirdono, Sunardia, 2006, Matikan TV-Mu: Teror Media TV Indonesia, Yogyakarta, Resist Book, hal. 145

Wolf, Naomi, 2008, The Beauty Myth How Images of Beauty Are Used Againts Women, Harper Collins e-books., hal. 183-184, 207, 212-213

https://www.grid.id/read/04198393/menurut-ahli-dermatologi-6-skin-care-ini-ternyata-tidak-terlalu-berguna-apa-saja-ya?page=all.

https://womantalk.com/beauty/articles/benarkah-skin-care-dan-suplemen-kolagen-bermanfaat-bagi-kulit-xVMJ6.

https://www. Sk-ii.co.id.

https://www.sk-ii.com/our-products




DOI: https://doi.org/10.29103/jsds.v1i1.3801

Article Metrics

 Abstract Views : 512 times
 PDF Downloaded : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI DIALEKTIKA SOSIAL

Gedung Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah, Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia.

Email: jurnalsosiologi@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats