PRODUKSI GAS HIDROGEN MELALUI METODE ELEKTROLISIS PV (PHOTOVOLTAIC) DARI AIR LAUT MENGGUNAKAN GRAHPITE DENGAN PENAMBAHAN KATALIS NaOH

Selvi Sundari Sinaga, Lukman Hakim, Meriatna Meriatna, Suryati Suryati, Muhammad Muhammad, Faisal Faisal

Abstract


Minyak bumi di Indonesia yang berasal dari bahan bakar fosil diperkirakan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri hingga 9 tahun kedepan. Maka kita perlu energi alternative sebagai pengganti bahan bakar fosil seperti hidrogen. Salah satu cara untuk menghasilkan hidrogen yaitu dengan metode elektrolisis air laut dan merupakan metode yang paling menjanjikan untuk menghasilkan gas hidrgoen yang murni. Elektrolisis membutuhkan energi listrik yang besar untuk menguraikan ion-ion maka pada penelitian ini menggunakan (Photovoltaic) PV sebagai sumber energi melalui sinar matahari. Air laut dengan volume 3500 ml, volume katalis NaOH yang ditambahkan 175 ml, dan kondisi operasi (waktu ambien). Adapun yang menjadi variabel bebas yaitu tegangan (5, 10, 15, 20) volt, waktu (15, 30, 45, 65) menit dan konsentrasi katalis (0,1 ; 0,25 ; 0,5 ; 0,75) M. Hasil flowrate gas hidrogen yang paling tinggi di dapat pada tegangan 20 volt pada menit ke 60 menit pada konsentrasi 0,1 M sebesar 12,8 ml/s sedangkan kadar natrium hipoklorit nilai tertinggi terdapat pada 20 volt, waktu ke 60 menit pada konsentrasi 0,75 M. Hasil kajian waktu elektrolisis terhadap penguraian ait laut menjadi gas hidrogen tidak berpengaruh signifikan. Semakin tinggi tegangan yang diberikan maka flowrate dan kadar NaOCl yang dihasilkan semakin besar dan semakin tinggi konsentrasi yang diberikan maka akan semakin rendah gas hidrogen yang dihasilkan namun kadar NaOCl semakin tinggi. Sehingga nilai kadar NaOCl tertinggi pada konsentrasi 0,75 M, waktu 60 menit pada tegangan 20 V sebesar 0,184%.


Keywords


energi ; hidrogen ; elektrolisis ; (photovoltaic) PV ; Katalis

Full Text:

PDF

References


Djati H. Salimy, 2010. Produksi Hidrogen Proses Steam Reforming Dimethyl Ether (DME) Dengan Reaktor Nuklir Temperatur Rendah. Pusat Pengembangan Energi Nuklir (PPEN) Batan.

Isana, S. Y. L., 2010, Perilaku Sel Elektrolisis Air dengan Elektroda Stainlees Steal, Jurnal Kimia UNY, ISBN:978-97998117-7-6.

Jumiati, Joko. S., Dan Irvan D. F., 2013. Pengaruh Konsentrasi Larutan Katalis Dan Bentuk Elektroda Dalam Proses Elektrolisis Untuk Menghasilkan Gas Brown. Jurnal Pasitron, 1(III); 06-11.

Mudzakkir, A. 2014. Prototype Hydrogen Fuel Generator (Pengaruh Suplai Arus Listrik dan Jumlah Lempeng Elektroda Terhadap Produksi Gas Hidrogen Dengan Elektrolit Asam Sulfat. Laporan Tugas Akhir. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya

Ruslan Abdul Hamid, Purwono Purwono, Wiharyanto Oktiawan,m 2017 Penggunaan Metode Elektrolisis Menggunakan Elektroda Karbon dengan Variasi Tegangan Listrik dan Waktu Elektrolisis dalam Penurunan Konsentrasi Tss dan Cod pada Pengolahan Air Limbah Domestik.

Taufiq, M. Margianto, dan Ena Marlina. 2013. Pengaruh Variasi Prosentase Katalis NaHCO3 Terhadap Produksi Brown’s Gas Pada Proses Elektrolisis Air Dengan Menggunakan Alat Tipe Dry Cell. Jurnal Teknik Mesin. Vol 8 No. 1. Malang




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v2i5.7990

Article Metrics

 Abstract Views : 435 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Selvi Sundari Sinaga, Lukman Hakim, Meriatna Meriatna, Suryati Suryati, Muhammad Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat