Peningkatan Kualitas Kesehatan Calon Sumber Daya Manusia Melalui Pemeriksaan Kesehatan Gratis di SMAN 1 Bireuen

Devi andriyani, Yuziani Yuziani, Syarifah Syafira, mutia rahmah, hendra raza

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan pemeriksaan Kesehatan gratis agar kualitas calon sumberdaya manusia di Indonesia pada umumnya dapat lebih ditingkatkan. Kegiatan ini focus pada pengecekan kadar gula darah untuk siswa. Hal ini dikarenakan jumlah penderita diabetes melitus (DM) tipe 1 di Indonesia mencapai 41,8 ribu orang pada tahun 2022. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penderita diabetes tipe 1 terbanyak di ASEAN, serta peringkat ke-34 dari 204 negara di skala global. Penderita DM tipe 1 ini biasanya ada dikalangan remaja dan usia produktif, Tingginya jumlah Penderita DM diusia muda ini tentunya akan berdampak terhadap penurunan kualitas dan produktifitas SDM Indonesia di masa depan, dan hal ini akan memperburuk kondisi ketenagakerjaan Indonesia, karenanya perlu Upaya dan kepedulian untuk mencegah hal tersebut terjadi, salahsatunya dengan pengecekan kadar gula darah secara rutin. Mitra kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Siswa siswi kelas 10 Merdeka A di SMA Negeri 1 Bireuen. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah ketua tim pengabdian. Hasil dari pelaksanaan kegiatan yang diikuti 33 siswa dari SMA Negeri 1 Bireuen ini berjalan lancar dengan hasil terdeteksi ada 2 siswa memiliki kadar gula darah tinggi dan 5 siswa mengalami hipoglikemi (kadar gula darah rendah).


Keywords


pemeriksaan kesehatan; DM tipe 1; kualitas calon SDM

Full Text:

PDF PDF

References


Depkes RI. 2013 Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI

Febriani, D. and Sulistyarini, T. (2016). Pentingnya Sikap Pasien yang Positif dalam Pengelolaan Diabetes Mellitus. Jurnal Stikes RS Baptis Kediri, 7(1)

Heryati, G.S., 2014. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Diet Diabetes Mellitus pada Pasien DM. Jurnal Keperawatan, 1(3): 97-107.

https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/anak-juga-bisa-diabetes

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2612/diabetes-melitus-pada-anak

https://www.halodoc.com/artikel/kasusnya-terus-meningkat-ini-8-penyebabdiabetes-pada-anak

Misnadiarly. (2006). Diabetes Mellitus, Mengenali Gejala, Menanggulangi, Mencegah Komplikasi. Jakarta: Pustaka Populer Obor

Nugroho, Y.W. and Handono, N.P., (2017). Hubungan Tingkat Kepatuhan Diet terhadap Kadar Glukosa Darah pada Penderita Diabetes Mellitus di Kelurahan Bulusulur. Jurnal KEPERAWATAN GSH, 6(1).

Palandeng, H.M., (2015). Prevalensi Hipertensi dan Diabetes Mellitus Tipe-2 di Puskesmas Kota Manado Tahun 2015. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik, 3(4).




DOI: https://doi.org/10.29103/auxilium.v2i2.17640

Article Metrics

 Abstract Views : 34 times
 PDF Downloaded : 4 times  PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yuziani Yuziani, Devi andriyani, hendra raza, mutia rahmah, Syarifah Syafira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Auxilium : Jurnal Pengabdian Kesehatan
EISSN:3026-2720 (media online)

Penerbit:

Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh
Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Jl. Meunasah, Uteunkot Cunda, Lhokseumawe, 24351, Provinsi Aceh, Tel/fax : 081376575984,
email: auxilium@unimal.ac.id

Stat Counter