ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUAH SEMANGKA MERAH AMARA (CITRULLUS LANATUS) DI PASAR KOTA BARU BOJONEGORO

Badiatud Durroh

Abstract


Buah Semangka (Citrullus lanatus) merupkan salah satu dari banyak jenis buah lokal yang berada di Indonesia yang memiliki banyak peminat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut apa yang paling dipertimbangkanoleh konsumen terhadap buah semangka merah amara di Pasar Kota Baru Bojonegoro. Lokasi ini dipilih dengan purposive. Data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Data primer dari kuisioner dan wawancara tidak terpimpin. Data Sekunder dari BPS , Jurnal dan sumber lain yang relevan Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan accidental sampling dengan jumlah responden 48 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner dan wawancara tidak terpimpin. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa atribut buah semangka merah amara yang paling dipertimbangkan oleh konsumen di Pasar Kota Baru Bojonegoro adalah rasa. Urutan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen hingga yang kurang dipertimbangkan konsumen adalah atribut rasa manis, harga murah (Rp. 8.000/kg – Rp. 10.000/kg), ukuran sedang (3kg – 5kg), dan kebersihan kulit tidak ada bercak (bersih dari tanah dan sayatan).

Keywords


Semangka Merah Amara, Preferensi Konsumen,;Analisis Multiatribut Fishbein

Full Text:

PDF

References


Angkasawati, & Milasari, D. (2021). Perkembangan Pasar Tradisonal dalam Meningkatkan Minat Pengunjung di Pasar Tradisional Boyolangu Kec. Boyolangu Tulungagung. PUBLICIANA : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 14(1), 169–187.

BPS Provinsi Jawa Timur. (2022). Rata-rata Konsumsi Perkapita Seminggu Menurut Kelompok Buah-Buahan Per Kabupaten/kota (Satuan Komoditas), 2022. BPS Provinsi Jawa Timur. https://wwww.bps.go.id/indicator/5/2102/1/rata-rata-konsumsi-perkapita-seminggu-menurut-kelompok-buah-buahan-per-kabupaten-kota.html

Dewi, M. P., Millaty, M., Pratiwi, L. F. L., & Puspitasari, Y. (2022). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Gula Semut Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 6, 1227–1235.

Dwiastari, K. Y., Susrusa, K. B., & Artini, W. P. (2019). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Buah Jeruk Impor dan Buah Jeruk Lokal di Kota Denpasar , Bali. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 8(3), 391–400.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) (1st ed.). DEEPUBLISH.

Haryati, S., Eriza, N., Simbolon, H., Tama, Y. C. P., Yuliastuti, E. R., Dewi, K. E., Sudiaz, R., Apriyadi, T. E., Baroroh, R. A., & Wijaya, R. (2022). Buku Pedoman Budidaya Semangka (C. vulgaris). Kementerian Petanian.

Herista, M. I. S. (2019). Analisis Multiatribut Fishbein Terhadap Buah Jeruk (Studi Kasus Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung). JurnaL Ilmiah Indonesia, 4(2), 32–44.

Kusumastuti, U. D., Sukarsa, & Widodo, P. (2017). Keanekaragaman Kultivar Semangka (Citrullus lanatus (THUNB.) MATSUM. & NAKAI] di Sentra Semangka Nusawungu Cilacap. Scripta Biologica, 4.

Manno, F. A., Soputri, N., & Simbolon, I. (2016). Efektivitas Buah Semangka Merah ( Citrullus Vulgaris Schard ) terhadap Tekanan Darah. Jurnal Skolastik Keperawatan, 2, 182–186.

Mustaniroh, S. A., Astuti, R., & Widyaningtias, D. (2006). Analisis Preferensi Konsumen tentang Atribut Produk yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Brem di Kota Madiun. Jurnal Teknologi Pertanian, 7, 37–45.

Pamartha, D. A., Yulianto, E., & Surnarti. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian Kartu Seluler Simpati (Survei pada Masyarakat Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri yang Membeli Karu SimPATI). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(1), 14–20.

Perdani, I. G. K. T., Ambarawati, I. G. A. A., & Artini, N. W. P. (2022). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Buah Semangka di Pasar Tradisional Kota Denpasar. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), 11, 425–434. https://doi.org/10.24843/jaa.2022.v11.i01.p39

Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1), 1–10.

R. A. Lolowang, I. (2019). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Tipe Premium (Studi Pada Konsumen Kawanua Emerald City Akrland Manado. Jurnsl Riset Bisnis Dan Manajemen, 7, 91–110.

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. ALFABETA.

Sinta, I., & Kembaren, E. T. (2021). Analisis Sikap dan Proses Pengambikan Keputusan oleh Konsumen Sayuran Hidroponik di Kota Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equlibrium, 7(1), 31–46.

Sunyoto, Makful, Ni Luh Putu, I., & Setyowati, T. (2010). Petunjuk Teknis Produksi dan Pengelolaan Benih Semangka (Hendri, Ed.; 1st ed.). Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika.

Wahyudi, A., & Dewi, R. (2016). Upaya Perbaikan Kualitas dan Produksi Buah menggunakan Teknologi Budidaya Sistem “ToPAS” pada 12 Varietas Semangka Hibrida. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 17(1), 17–25.

Widiyanto, N. A. (2019). Preferensi Konsumen terhadap Buah Apel (Studi Kasus Kota Malang dan Kota Surabaya). Agrosaintifika : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 1(1), 22–32.

Yasmin, T. R., Prastiwi, W. D., & Handayani, M. (2017). Analisis Konjoin Preferensi KonsumenSayuran Hidroponik Agrofarm Bandungan Kabupaten Semarang. AGRISOCIONOMICS Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 1(1), 85–93.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v9i2.19340

Article Metrics

 Abstract Views : 42 times
 PDF Downloaded : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Badiatud Durroh

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh