KELAYAKAN DAN PENGEMBANGAN USAHA TOKO TANI TERNAK PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) TURE MOE DI DESA BORANI, KECAMATAN BAJAWA, KABUPATEN NGADA

Marten Umbu Kaleka, Amario Yohanes Seo, Elfridus Andi Loke Nono, Maria Alfonsa Ngaku

Abstract


Penelitian ini berjudul mengalisis potensi dan kelayakan usaha toko tani ternak pada bumdes di desa borani kecamatan bajawa kabupaten ngada. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang bersumber dari Desa Borani. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam (indeph interview), dokumentasi dan studi pustaka dengan menggunakan  analisis kelayakan seperti Net B/C, NPV, dan IRR dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi yang ada di desa borani cukup beragam mulai dari penduduknya yang didominasi oleh petani, peternak dan wiraswasta serta adanya dukungan dari pemerintah dan masyrakat setempat sehingga menjadikan pengembangan usaha toko tani ternak cukup stratgeis untuk dilaksanakan. Hasil analisis kelayakan usaha seperti Net Present Value lebih besar dari nol yakni Rp13.525.501,34, Net Benefit Cost Ratio lebih besar dari satu (1,2) dan Internal Rate of Return lebih besar dari suku bungan berlaku yakni sebesar 16% yang menerangkan usaha ini sangat layak untuk dilaksanakan karena memberikan manfaat bagi pengembang dan masyarakat dimasa yang akan datang.

Kata Kunci: Kelayakan, Pengembangan, Usaha, BUMDes 


Keywords


Kelayakan; Pengembangan; Usaha; BUMDes;

Full Text:

PDF

References


Alaslan, A. (2020). Gaya Kepemimpinan Dan Pembangunan Desa. Journal AdBisPower, 1(1), 97–111.

Bank Indonesia. (2024). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Jakarta.

Dea, A. Y. dan Kaleka, M. U. (2023). Kontribusi Sektor Pertanian Dan Sektor Industri Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Nagekeo. Jurnal AGRIFO, 8(2): 63-69.

Desa Bonari. (2024). Data Monografi Desa Bonari, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada.

Gray, C. Sabur, L. K. Simanjuntak, P. Maspaitella, P.F.L. Varley, R.C.G. (2002). Pengantar Evaluasi Proyek. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Gramedia.

Hartini, K. (2018). Identifikasi Kelayakan Usaha Bumdes pada Aspek Sosial dan Ekonomi. Jurnal Baabu Al Ilmi, 3(2), 50–64.

Kaleka, M. U., Budiasa, I. W., dan Ustriyana, I.N.G. (2022). Analisis Nilai Tambah Dan Finansial Pengolahan Tepung Menjadi Pie Kelor Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, 10(1), 490-507.

Kasmir dan Jakfar. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Prenada Media Group. Jakarta

Kementrian Desa. (2016). Memajukan Ekonomi Melalui Bumdes. http://www.kemendesa.go.id/. [Diakses pada tanggal 8 Maret 2024]

Palupi, A. I. (2021). Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Menunjang Pembangunan Ekonomi Desa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Permendesa No. 4 Tahun 2015. Pendirian Badan Usaha Milik Desa. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Yuslizar. Dan Syahrantau, G. (2020). Pendampingan Kelayakan Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Respen Sakti Desa Kulim Jaya Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Karya Abdi, 1(1): 12-23.

Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v9i1.15820

Article Metrics

 Abstract Views : 81 times
 PDF Downloaded : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Marten Umbu Kaleka

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh