Peran Koperasi Kopi Terhadap Produksi Dan Kesejahteraan Petani Kopi Di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah

Edwin Stiyawan, Fadli Jalil, Ellyta Effendy

Abstract


Peran koperasi adalah suatu peran badan usaha yang bekerja sama dengan masyarakat dalam meningkatkan taraf kehidupan petani yang lebih baik. Tujuan penelitian menganalisis peran koperasi terhadap produksi kopi dan kesejahteraan petani. Metode analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peran koperasi kopi sebagai penyuluh, penyediaaan pupuk organik, premi, dan jumlah produksi sangat besar. Sedangkan peran koperasi sebagai penyediaan bibit kopi dan penampungan hasil berada pada kategori besar. Secara keseluruhan peran koperasi kopi terhadap produksi dan kesejahteraan petani di Kecamatan Bandar mempunyai peran sangat besar

Keywords


Peran Koperasi, Produksi, Kesejahteraan, Kopi

Full Text:

PDF

References


Abdurachman, A., Dariah, A., & Mulyani, A. (2008). Strategi dan teknologi pengelolaan lahan kering mendukung pengadaan pangan nasional. Jurnal Litbang Pertanian, 27(2), 43–49.

Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bener Meriah. (2013). Hasil Produksi dan Luas Lahan Kopi Di Kabupaten Bener Meriah dari Tahun 2008 – 2012.

Hasan, I. (2011). Penguatan Kompetensi Kewirausahaan dan Daya Saing UKM Komoditi Unggulan Ekspor di Propinsi Aceh. Jurnal Infokop, 19, 38–52.

Saptana, S., Sunarsih, S., & Indraningsih, K. S. (2006). Mewujudkan keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif melalui pengembangan kemitraan usaha hortikultura. In Forum Penelitian Agro Ekonomi (Vol. 24, pp. 61–76). Indonesian Center for Agricultural Socioeconomic and Policy Studies.

Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2014). Analisis data untuk riset manajemen dan bisnis. USUpress.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v1i1.1081

Article Metrics

#### view : 125 times
PDF 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Edwin Stiyawan, Fadli Jalil, Ellyta Effendy

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh