Upaya Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif Kerajinan Bordir Aceh Di Kabupaten Aceh Utara
Hafni Zahara
Abstract
Penelitian ini berjuan untuk mengetahui Upaya pengembangan usaha ekonomi kreatif kerajinan bordir Aceh dalam bidang produksi, pemasaran, dan kemampuan beradaptasi dengan pasar yang dilakukan oleh pengusaha kerajinan bordir di Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan metode survey, dan penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) di Kabupaten Aceh Utara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi literatur. Metode penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam pengembangan produk, pengusaha ekonomi kreatif kerajinan bordir Aceh selalu melakukan inovasi dalam menciptkan produk baru dan melakukan pengontrolan terhadap kerapian bordir juga kualitas barang. (2) Selanjutnya dalam bidang promosi dan pemasaran, pengusaha melakukan kegiatan promosi barang secara online melalui media sosial seperti instagram dan facebook. Promosi juga dilakukan dengan cara mengikuti bazar, pelatihan dan pameran yang dilaksanakan oleh berbagai instansi baik pemrintah maupun swasta. (3) pada pengembangan kemampuan dalam beradaptasi dengan pasar, pengusaha mampu menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Pengusaha mampu menciptakan produk yang kreatif dan inovatif juga bersifat kekinian, misalnya tas bola atau round bag, alas meja motif bordir Aceh, dan kotak hantaran yang bermotif bordir Aceh.
Keywords
upaya pengembangan usaha, kerajinan bordir Aceh, ekonomi kreatif
References
Ahyani R, Urip W, Wahyuningsih U. 2012. Upaya Pengembangan Usaha Kerajinan Bordir. Jurnal Fashion and Fashion Edication Journal (FFEJ) volume 1 Tahun 2012. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Alex, Koutsoris. 2008. Innovating Towards Sustainable Agriculture: “A Greek case Study Department of Agricultural Economics and Rural Development, Agricultural University of Athens, Greece.” The journal Agricultural Education and Extension Publication details, including instructions. For: http://www.informaworld.com/smpp. [diunduh: 15 Desember 2013]
[DEPDAG] Departeman Perdagangan. 2008. Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Buku 1 Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015. Jakarta: Depdag.
Hubeis AVH. 2010. Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa. Bogor: IPB Press
Toffler A. 1987. Kejutan dan Gelombang. Dra Sri Koefdiyantinah SB, penerjemah. Jakarta: Terjemahan dari Previews and Premises.
Zahara, Hafni. 2013. Kapasitas Perempuan dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Kerajinan Bordir Aceh. [Tesis]. Bogor. Institut Pertanian Bogor.
DOI:
https://doi.org/10.29103/ag.v1i1.1078
Article Metrics
Abstract Views : 1027 times
PDF Downloaded : 246 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Hafni Zahara
Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh