FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PENGUSAHA PADA USAHA TANAMAN PALA (Studi Kasus: Desa Panjupian dan Desa Lhok Rukam Kecamatan Tapaktuan)

Fifi Liani, Umaruddin Usman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh modal, luas lahan, tenaga kerja dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan pengusaha pada usaha tanaman Pala di desa Panjupian dan desa Lhok Rukam Kecamatan Tapaktuan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner penelitian kepada 53 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model regresi linear berganda yang diolah dengan bantuan program EVIEWS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari variabel modal (X1), luas lahan (X2), tenaga kerja (X3) dan tingkat pendidikan (X4) baik secara parsial (uji t) maupun secara serempak ( uji f) berpengaruh terhadap pendapatan (Y) pengusaha pada usaha tanaman pala di desa Panjupian dan desa Lhok Rukam Kecamatan Tapaktuan.


Full Text:

PDF

References


Astanu, D. . (2013). Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Intensif Tanaman Pala Di Kecamatan Disti Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ilmu Agribisnis.

Astanu, D. A. (2013). Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Intensif Tanaman Pala di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, Vol 1(No 3), 210–217.

Gupito. (2014a). Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Pendapatan. Jurnal Agro Eknomi.

Gupito, R. W. dkk. (2014b). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Analysis of Factors Affecting Sorghum Farming Income In Gunungkidul Regency. Agro Ekonomi, 24(1).

Lumintang, M. . (2013a). Analisis Pendapatan Petani Padi Di Desa Teep Kecamatan Langowan Timur. Emba, 1(3), 991–998.

Mardian, T. (2012). Pengukuran Efisiensi Asuransi Syariah Dengan Data Emvolepment Analisis. Development Analisis Jurnal.

Phahlevi, R. (2013). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Sawah Di Kota Padang Panjang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1(2).

Phalevi. (2013). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Sawah Di Kota Padang Panjang. Ekonomi Pembangunan.

Zikrina, D. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Organik Di Kabupaten Serdang begadai. Journal Economic On Social.




DOI: https://doi.org/10.29103/jepu.v1i2.573

Article Metrics

 Abstract Views : 4537 times
 PDF Downloaded : 637 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fifi Liani, Umaruddin Usman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Stat Counter

 

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.