PENGARUH HARGA TERHADAP PERMINTAAN PASAR DAN PENDAPATAN PETANI TAMBAK BANDENG DI DESA BANTAYAN KECAMATAN SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap permintaan pasar dan pendapatan peternak bandeng di Desa Bantayan, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari 73 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana dengan bantuan Eviews. Hasil penelitian secara parsial menyatakan bahwa Harga Ikan Bandeng secara signifikan mempengaruhi Permintaan dan Pendapatan Pasar Ikan Bandeng di Desa Bantayan, Kecamatan Simpang Ulim. Secara simulan, Harga mempengaruhi Permintaan Pasar dan Pendapatan Petani Ikan Bandeng di Desa Bantayan, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. (2001). Kewirausahaan. Bandung: Bima Cipta.
Badan Pusat Statistik. www.bps.go.id. Diakses pada 31 Oktober 2017.
Budiono. (2006). Pengertian Kedisiplinan. http://repository.usu.ac..id. Diakses pada tanggal 1 November 2017.
Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil. http://www.ppk-kp3k.kkp.go.id. Diakses pada 1 November 2017.
Engel, F. James; Roger D. Blackwell; Paul W. Miniard. (2004). Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara.
Fadel, Muhammad. (2008). Reinviting Local Government: Pengalaman Dari Daerah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Faiq, Hasan et al. (2012). Analisis Pendapatan Budidaya Bandeng Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian. Vol 8. No 1.
Haryanto, J. O. (2009). Analisis pengaruh internet marketing terhadap pembentukan Word of Mouth dan Brand Awareness Untuk Memunculkan Intention to Buy. Jurnal Bunga Rampai Prilaku Konsumen. Vol 1. No 1. Hal: 191-208.
Hayyi, Abdul. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Petani Garam (Studi Kasual pada Petani Garam Desa Astanamukti Kecamatan Panginan Kabupaten Cirebon). Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Skrips. Dipublikasikan.
Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management. Global Edition: Pearson Prentice Hall.
Pramana, Hengky W. (2010). Definisi Aplikasi. wikipedia.org/wiki/Aplikasi. Dilihat pada tanggal 3 Oktober 2017.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sukirno, Sadono. (2005). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi Ketiga, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Tribunnews.com. Diakses pada 31 Oktober 2017.
DOI: https://doi.org/10.29103/jepu.v2i2.1044
Article Metrics
Abstract Views : 1413 timesPDF Downloaded : 143 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Irsan Irsan, Khairil Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.