Pengetahuan Kewirausahaan Masyarakat Aceh: Kunjungan Kembali ke Pidie dan Bireuen

Ade Ikhsan Kamil, Ibrahim Chalid, Richa Meliza, Faizul Aulia

Abstract


Abtract: This study aims to discuss the trade knowledge of the Acehnese in Pidie and Bireuen. The research method used in this study is a qualitative method with observation and interview data collection techniques. In this study, researchers used the ethnoscience paradigm, where researchers were able to classify the knowledge of traders through a language approach, both spoken and symbolic in order to gain knowledge related to the views, regeneration patterns and social networks of traders. The results of the temporary research in this study are: First, there is the knowledge of the cloth traders in Bireuen about the trading business carried out. Second, there is a portrait of the business spirit of the bus company in Pidie, as a bus company that exists today in the midst of the Acehnese people.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengetahuan dagang orang Aceh di Pidie dan Bireuen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma etnosains, di mana peneliti dapat mengklasifikasikan pengetahuan para pedagang melalui pendekatan bahasa baik lisan maupun simbolik demi mendapatkan pengetahuan terkait dengan pandangan, pola regenerasi dan jaringan sosial para pedagang. Hasil penelitian sementara dalam penelitian ini adalah: Pertama, terdapat pengetahuan para pedagang kain di Bireuen mengenai usaha dagang yang dilakukan. Kedua, terdapat potret semangat usaha perusahaan bis yang ada di Pidie, sebagai perusahaan bis yang eksis saat ini di tengah masyarakat Aceh.

 

Keywords


Pengetahuan; Pedagang; Perusahaan; Etnosains; Pidie dan Bireueun

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Irwan. (1994). Muslem Bussinessman of Jatinom : Religious Reform and Economic Modernization in a central Javanese Town. UVA.

Abdullah, Taufik. (2003). Agama, Etos Kerja dan Perkembangan Ekonomi. Jakarta: LP3ES.

Ahimsa-Putra, H.S. (2007). Kemajuan Teknologi Riset (Etnosains, Etnotek dan Etnoart: Paradigma Fenomenologis untuk Revitalisasi Kearifan Lokal), Yogyakarta: UPT Perpustakaan UGM.

__________(2011). Bahasa Sebagai Model Studi Kebudayaan di Indonesia Antropologi Struktural Di Indonesia. MASYARAKAT INDONESIA. Revisi makalah. Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia. Edisi XXXVII/NO.1/2011.

Alexander, Jennifer. (1987). Trade, Traders and Trading in Rural Java. Oxford New York: Oxford University Press.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bireuen. (2021). Kabupaten Bireuen dalam Angka 2021. Bireuen: BPS Kabupaten Bireuen. ISSN: 2442-8507 No. Publikasi/Publication Number: 11100.2003 Katalog /Catalog: 1102001.1110.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pidie. (2021). Kabupaten Pidie dalam Angka 2021. Bireuen: BPS Kabupaten Pidie. ISSN: 2723-3227 No. Publikasi/Publication Number: 11090.2101 Katalog /Catalog: 1102001.1109.

Bourdieu, P., & Novenanto, A. (2022). Habitus: Sebuah Perasaan atas Tempat. Brawijaya Journal of Social Science, 2(1), 153-159.

Damsar. (2002). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Deway, Alice G. Peasent Marketing in Java. New York: The Free Press of Glencoe, INC. Akses 09/07/2022. https://archive.org/details/peasantmarketing0000dewe/page/n7/mode/2up

Fukuyama, F. (1995). Social capital and the global economy. Foreign Aff., 74, 89.

Geertz, C. (1978). The Bazaar Economy: Information and Search In Peasant Marketing. In American Economic Review.

________ (1963). Peddlers and Princes: Social Change dan Ecanomic Modernization in Two Indonesian Towns. London: University Chicago Press.

Hasyifuddin, Helmi. (2018). Mekanisme Penetapan Harga Jual Beli Sapi Di Pasar Sibreh Aceh Besar (Analisis Keberadaan Unsur Gharar Dalam Transaksi Jual Beli). Skripsi Banda Aceh: UIN AR-RANIRY

ICI BERLIN, terbit 28 April 2016/ akses 28 Agustus 2022, Link: https://www.ici-berlin.org/events/james-t-siegel/

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pedagang. Akses, 29/08/22, Link : https://kbbi.web.id/dagang

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

_____________ (1974). Pengantar Antropologi. Cetakan ke-V. Jakarta: Ausara Baru

KumparanOTO. (2022). Inilah 5 PO Bus Legendaris Kebanggaan Warga Aceh. Publis, 23/02/2022, akses 17/08/2022. Link : https://kumparan.com/kumparanoto/inilah-5-po-bus-legendaris-kebanggaan-warga-aceh-1xYZSRDJmpC/full,%20diakses%20pada%2017%20Agustus%202022%20Pukul%2013.00

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pardede, Perlindungan. (2009). Penelitian Lintas Budaya. Seminar Penelitian Pendidikan FKIP UKI, Jakarta Timur: Kampus UKI Cawang

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak dalam Trayek.

Peta Kota, Akses 29/08/22, Link : https://peta-kota.blogspot.com/2016/12/peta-kabupaten-pidie.html

PP No. 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan

Rifky, R. B. Jaringan Sosial Pedagang Di Pasar Malam Cibadak, Cisauk, Tangerang (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah).

Ritzer & Goodman. (2012). Teori Sosiologi Klasik - Post Modern Edisi Terbaru (Trans:Nurhadi). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Saad, Hasan. (2003). Bersama Induk Semang: Semangat Kearifan Tradisional dan Semangat Kewirausahaan Pedagang Pidie, Aceh. Yogyakarta: Relief Press

Sairin, Sjafrie; Semedi, Pujo; Hudayana, Bambang. (2002). Pengantar Antropologi Ekonomi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sari, Deswita. (2016). Pasar Tradisional (Studi Deskripsi Tentang Jaringan Sosial di Pasar Simpang Limun Medan). Skripsi. Medan:Universitas Sumatra Utara.

Saudah, S. (2018). Kontekstasi Pedagang Pasar Tradisional Dalam Mempertahankan Relasi Sosial Dan Komunikasi. ETTISAL: Journal of Communication, 3(2), 131-142.

Siegel, James T. (1969). The Rope Of God. London England: University California Press, LTD.

Spradley, James P. (2006). Metode Etnografi. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Weber, Max: The Protestan Ethic and The Spirit of Capitalism. Charles Scribner’s Sons. New York: 1958




DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v6i2.8454

Article Metrics

 Abstract Views : 236 times
 PDF Downloaded : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ade Ikhsan Kamil, Ibrahim Chalid, Richa Meliza, Faizul Aulia

INDEXED BY:

Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id

Lisensi Creative Commons

All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional