BERNAZAR DI KUBURAN KERAMAT MUYANG BUNIN: STUDI KASUS DI DESA BUNIN KECAMATAN LOKOP SERBAJADI KABUPATEN ACEH TIMUR

Jahuri Jahuri, Abdullah Akhyar Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana prosesi ziarah dan penunaian nazar yang diperaktekkan oleh masyarakat di kuburan Muyang Bunin serta untuk mengetahui motif dan alasan para peziarah melakukan ritual ziarah penunaian nazar di kuburan keramat Muyang Bunin pada masyarakat Desa Bunin Kecamatan Lokop Serbajadi Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Kemudian untuk mengkaji peneliti melakukan penelusuran melalui observasi lapangan, dokumentasi dan wawancara dengan beberapa narasumber dan beberapa tokoh masyarakat seperti kadam/penjaga makam, aparat desa, peziarah dan penduduk setempat serta mengumpulkan data terkait dengan kepercayaan, tingkah laku dan ritual nazar masyarakat peziarah pada kuburan keramat Muyang Bunin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan nazar di kuburan keramat Muyang Bunin disebabkan beberapa hal yaitu adanya  kepercayaan peziarah terhadap   unsur kekeramatan pada makam tersebut, juga kepercayaan yang sudah sejak zaman nenek moyang mereka melakukan tradisi ini. Maka dari itu tidak mengherankan lagi bagi masyarakat sekitar untuk tetap melaksanakan peran yang secara turun temurun masih dilaksanakan sampai sekarang.

Keywords


Keramat, Bernazar, Muyang bunin

Full Text:

PDF

References


Abdau, Luzman. (2014). Ritual Pesugihan di Gunung Kemungkus (Studi Diskriptif tentang Ritual di Gunung Kemungkus). Universitas Airlangga.

Ahmadi, Dani. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. MEDIATOR, Vol 9, No.2.

Husaini Usman, dan Purnomo Setiady Akbar. (2009). Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Irmasari, Mirta. (2012). Makna Ritual Ziarah Kubur Angku Keramat Junjung Sirih Oleh Masyarakat Nagari Paninggahan. Sosiologi FIS UNP.

Jamaluddin. (2014). Tradisi Ziarah Kubur dalam Masyarakat Melayu Kuatan. UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Vol 11, No.2.

Koentjaraningrat. Sejarah Teori Antropologi I. Toko Buku Karsa Murni.

Laksmi. (2017). Teori Interaksionisme Simbolik dalam Kajian Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Volume 1, Number 1.

Mauss, Marcel. (1992). Pemberian: Bentukdan Fungsi Pertukaran di Masyarakat Kuno. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Moleong, Lexy. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya:Bandung.

Mujib, M.Misbahul. (2016). Tradisi Ziarah Dalam Masyarakat Jawa: Kontestasi Kesalehan, Identitas Keagamaan Dan Komersial. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta, 55281, Vol 14, No.2.

Nasruddin. (2013). Teori Munculnya Religi (Tinjauan Antropologis Terhadap Unsur Kepercayaan dalam Masyarakat).

Noresah, Baharom. (2005). Kamusdewan. C.4 Selangor: DawamaSdnBhd, h.1079.

Purnamasari, Nia. (2009). Makam Keramat dan Perubahan Sosial (Studi Kasus Di Masyarakat Sekitar Makam Dalem Cikundul, Majalaya, Cianjur). Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat

Ranchman, Maman. (2000). Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian. Semarang:IKIP Semarang Press.

Romdhoni, Ali. (2015). Relasi Makam Pesantren Dan Pedagang: Pengaruh Ziarah Terhadap Pendidikan dan Ekonomi Di Kajen Kabupaten Pati. Jurnal SMaRT Volume 01 Nomor 02.

Shyadan. (2017). Ziarah Prespektif Kajian Budaya (StudiP ada Situs Makam Priuk Jakarta Utara). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, Volume 13, Nomor 1.

Subri.(2015). Ziarah Makam Antara Tradisi dan Praktek Kemusyrikan. Jurnal sosiologi.Stain Sas Ba bel.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung. Alfabeta, 201.

Suriani, (2017). Tradisi Ziarah Pada Makam Dato Tiro Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Fakultas Adab Dan Humaniora Uin Alauddin Makassar.

Zakariyya, Abi. (2001). Al-Majmuk, Syarah al-Muhazzablil Shirazi, j.7.DarIhya Turathal-Arabi.




DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v4i1.3153

Article Metrics

 Abstract Views : 704 times
 PDF Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aceh Anthropological Journal

INDEXED BY:

Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id

Lisensi Creative Commons

All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional