EATING OUT SEBAGAI GAYA HIDUP (Studi Kasus Fenomena Remaja Kota Banda Aceh di Restoran Canai Mamak KL)

Suci Fajarni

Abstract


Kegiatan konsumsi mendorong seseorang untuk mereproduksi kehidupannya. Kondisi ini berimplikasi pada menjamurnya restoran, café-café, foodcourt, warung kopi, dan berbagai gerai makanan lainnya. Kajian ini diharapkan mampu mengembangkan wawasan terkait dengan perkembangan gaya hidup remaja Kota Banda Aceh yang mendapatkan kepuasan dan kesenangan yang muncul dari aktivitas eating out. Subjek penelitian adalah kaum remaja yang berusia 17 sampai dengan 30 tahun. Secara garis besar, penelitian ini menunjukkan bahwa eating out telah mewujud dalam kehidupan remaja Kota Banda Aceh dan menjadi kegiatan yang sudah biasa dilakukan sehingga menjadi gaya hidup (life style). Ia berhubungan dengan persoalan selera, habitus seseorang, lingkungan,dan interaksi sosial. Eating out juga dapat menjadi arena bertemunya bentuk-bentuk modal, habitus dan praktek sosial remaja.

Keywords


eating out, gaya hidup, distingsi, habitus

Full Text:

PDF

References


Assael, Henry. 1984. Consumer Behavior A Strategic Approach. 6th Edition. New York: Thomson-Learning.

Bourdieu, Pierre. 1984. Distinction: A Social Critique of the Judgement of Taste. Trans. Richard Nice, Cambridge: Harvard University Press.

Baudrillard, Jean. 1990. Seduction. New York: St. Martin’s Press.

Bourdieu, Pierre. 1977. Outline of Theory of Practices. New York: Cambridge University Press.

Bourdieu, Pierre. 1990. An Introduction to the Work of Pierre Bourdieu: The Practice Theory. (terj. Pipit Maizier dan Saleh Rahmana, Ed.). Yogyakarta: Jalasutra.

Chaney, David. 1996. Lifestyle. (terj. Nuraeni dan Idi Subandy Ibrahim, Ed. Yogyakarta: Jalasutra.

Creswell, John W. 1994. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. California: Sage Publications, Inc.

Danaher, Geoff, Schirato, Tony and Webb, Jen. 2002. Understanding Bourdieu. London: SAGE Publications Ltd.

Dunn, Robert G. 2008. Identifying Consumption Subjects and Objects in Consumer Society. Philadelphia: Temple Unversity Press.

Featherstone, Mike. 2005. Postmodernisme dan Budaya Konsumen. Terjemahan oleh isbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Grenfell, Michael (Ed.). 2008. Pierre Bourdieu Key Concepts. Stocksfield: Acumen Publishing Limited.

Goodman, Michael K, David Goodman and Michael Redclift (Eds.). 2010. Consuming Space: Placing Consumption in Perspective. Burlington: Ashgate Publishing Company.

Hurlock, E.B. 1990. Psikologi Perkembangan Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Jary, David and Julia Jary.1991. Dictionary of Sociology. Glasgow: HarperCollins Publishers.

Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2002. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Lee, Martin J. 1993. Consumer Culture Reborn, The Cultural Politics of Consumption. London-New York : Routledge

Mowen, John. C dan Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Kelima. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. Terjemahan oleh Lina Salim. 2002. Jakarta: PT Penerbit Erlangga.

Mirnawati. 2011. Analisis Strategi Pemasaran Restoran Canai Mamak Banda Aceh. Jurnal Skripsi. Universitas Muhammadiyah Aceh. (Tidak diterbitkan).

Paterson, Mark. 2006. Consumption and Everyday Life. New York : Routledge Limited.

Richard Harker, Cheelen Mahar, dan Chris Wilkes. Ed. 2009. (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik. Penerjemah: Pipit Maizier. Yogyakarta: Jalasutra Anggota IKAPI.

Warde, Alan and Lydia Martens. 2003. Eating Out: Social Differentiation, Consumption and Pleasure, Cambridge : Cambridge University Press.

Zieleniec, Andrew. 2007. Space and Social Theory. London: SAGE Publications Ltd.

Jurnal

Prakash, Ajaj and V.B. Singh. 2011. “Glocalization In Food Business : Strategies of Adaptation to Local Needs and Demands”. Asia Journal of Technology and Management Research Vol. 01 – Issue :01 (Jan – Jun 2011).

Internet

https://id.wikipedia.org/wiki/

www.thefreedictionary.com




DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v3i1.2784

Article Metrics

 Abstract Views : 901 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Suci Fajarni

INDEXED BY:

Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id

Lisensi Creative Commons

All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional