PENGUATAN BUDAYA LOKAL DALAM KERANGKA PENDIDIKAN KARAKTER: STUDI PADA BUDAYA JAWA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ardhani, Yuli, 2014. “Konsep Pendidikan Multikultural Sebagai Sarana Alternatif Pencegahan Konflik”, SOSIODIDAKTIKA: Social Science Education Journal.
Bagir, Zainal Abidin, AA GN Ari Dwipayana dkk., 2016. Pluralisme Kewargaan: Arah Baru Politik Keragaman di Indonesia, Yogyakarta: CRCS.
Damayanti, Deni, 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Araska.
Endraswara, Suwardi, Prof. Dr., 2003. Budi Pekerti dalam Budaya Jawa, Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya.
Endraswara, Suwardi, Prof. Dr. 2014. Berpikir Positif Orang Jawa, Yogyakarta: Narasi.
Farikhatin, Anis, dkk., 2016. Mengelola Keragaman di Sekolah: Gagasan dan Pengalaman Guru, Yogyakarta: CRCS.
Ilahi, Mohammad Takdir, 2014. Gagalnya Pendidikan Karakter: Analisis dan Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Isnudi (ed), 2014. Bunga Rampai Kumpulan Makalah Seminar: Diskusi Museum dan Sejarah, Museum Kebangkitan Nasional.
Joesoef, Daoed dan Pontjo Sutowo, 2017. Nilai Ke-Indonesia-an: Tiada Bangsa Besar Tanpa Budaya Kokoh, Jakarta: Kompas.
Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), 2014. Teaching Respect for All: Panduan Menuju Sekolah Bebas Diskriminasi, Jakarta: KNIU.
Khozin, Nur (ed), 2013. Indonesia Rumah Bersama, Musium Kebangkitan Nasional.
Listia, Purwono Nugroho Adhi dan Sartana, 2016. Pendidikan Interreligius: Gagasan Dasar dan Modul Pelaksanaan, Jakarta: CDCC.
Mahfud, Choirul, 2016. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muthoifin, 2015. “Ki Hadjar Dewantara: Asas-asas dan Dasar-dasar Taman Siswa dalam tulisan Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hadjar Dewantara”, Intizar, Vol. 21.
Panjaitan, Ade Putra, Alan Darmawan dkk., 2014. Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan : Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Permanadeli, Risa, 2015. Dadi Wong Wadon: Representasi Sosial Perempuan Jawa di Era Modern, Yogyakarta: Pusaka Ifada dan Rifka Annisa.
Simatupang, Maurits, Prof. Dr., 2002. Budaya Indonesia yang
Supraetnis, Jakarta: Papas Sinar Sinanti.
Soetarno, 2004. Ragam Budaya Indonesia, Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Dirjen Dikti Depdiknas.
Triyanto dan Adoniati Meyria, 2017. Kertas Posisi Komnas HAM: Transformasi dan Internalisasi Nilai-Nilai HAM dalam Rangka Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Sekolah Ramah HAM, Jakarta: Komnas HAM.
Widiastono, Tonny D., 2004. Pendidikan Manusia Indonesia, Jakarta: Kompas dan Yayasan Toyota Astra.
Widiyanto, Hidayat,2010. Prosiding Kearifan Lokal Budaya Jawa sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, BIPA.
Yayasan Cahaya Guru, 2004. “Beragam Bukan Seragam : Panduan Praktis Menumbuhkan Rasa Kebangsaan dan Keragaman”, Literati.
Zubaedi, Dr.,MAg.,MPd., 2006. Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v2i1.1148
Article Metrics
Abstract Views : 1062 timesPDF Downloaded : 131 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Adoniati Meyria Widaningtyas
INDEXED BY:
Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id
All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional