Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Memenuhi Kebutuhan Melalui Belanja Online di Kota Bukittinggi

Nadhifa Putri Amelia, Afrida Afrida, Sri Meiyenti

Abstract


The objective of this study is to describe the purchasing behavior of household mothers in online stores to meet their needs, explain their understanding of information, perceptions, and decision-making processes in utilizing technology, and describe the factors that influence consumer decisions in online shopping. This study utilizes qualitative research methods with data collection techniques of observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that there are four factors that influence the behavior of household mothers as consumers in online shopping, namely price, quality, convenience, and time. From these online shopping activities, the information and understanding obtained by household mothers in utilizing technology include knowledge about products, purchasing procedures, and satisfaction. The perceptions of household mothers in utilizing technology include ease, practicality, security, and comfort in shopping. The factors that influence the decision-making of household mothers as online consumers include health and psychological factors, influences from family members, neighbors, and relatives, as well as advertising.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku konsumen ibu rumah tangga terhadap keputusan pembelian di toko online dalam memenuhi kebutuhannya; menjelaskan pemahaman informasi, persepsi, dan proses pengambilan keputusan oleh konsumen dalam memanfaatkan teknologi; dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam berbelanja online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat hal yang mempengaruhi perilaku ibu rumah tangga sebagai konsumen dalam berbelanja online yaitu harga, kualitas, kenyamanan, dan waktu. Dari kegiatan belanja online tersebut pemahaman informasi yang diperoleh ibu rumah tangga dalam memanfaatkan teknologi adalah pengetahuan tentang produk, cara membeli, dan kepuasan. Persepsi ibu rumah tangga dalam memanfaatkan teknologi kemudahan, praktis, keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen ibu rumah tangga dalam berbelanja online adalah faktor kesehatan, psikologis; dorongan dari anggota keluarga, tetangga dan kerabat, serta iklan. 


Keywords


behavior, consumers, online shopping, housewives

Full Text:

PDF

References


Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1986). Consumer behavior. Dryden Press.

Firmansyah, M. A., & Se, M. (2019). Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran). Penerbit Qiara Media.

Loekamto, A. (2012). Implementasi Technology acceptance model (tam) dalam online shopping. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(3).

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90.

Siagian, S. P. (2018). Teori motivasi dan aplikasinya. Rineka Cipta.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung, 62–70.

Suryani, T. (2013). Perilaku konsumen di era internet: Implikasinya pada strategi pemasaran. Graha Ilmu.

Utami, S. S. (2010). Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 8(1).

Widyosiswoyo, S. (2004). Ilmu Budaya Dasar”: Bogor. Penerbit Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v7i1.10287

Article Metrics

 Abstract Views : 247 times
 PDF Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nadhifa Putri Amelia, Afrida Afrida, Sri Meiyenti

INDEXED BY:

Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id

Lisensi Creative Commons

All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional