Efektivitas Pemberian Psikoedukasi Melalui Media Video untuk Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Bullying pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.2910/insight.v2i4.18075Keywords:
Bullying, Siswa, Psikoedukasi Media VideoAbstract
Bullying merupakan suatu tindakan kejam dan menyakiti yang dilakukan dengan sengaja serta berulang-ulang, sehingga berdampak buruk bagi fisik maupun psikologis individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian psikoedukasi melalui media video untuk meningkatkan pengetahuan perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi- experiment dengan menggunakan desain one group pretest-postest design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak adalah sebanyak 94 orang siswa yang diperoleh berdasarkan metode purposive sampling yang sesuai dengan karakeristik dan dianggap mewakili siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bireuen. Pengambilan data penelitian ini dengan menggunakan kuesioner penelitian. Validitas skala dari rentang 0,25-0,5 dan reliabilitas 0,823. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) diberikannya treatment. Hal ini dibuktikan menggunakan uji Wilcoxon dengan nilai Asymp Sig. (2 tailed) 0.000 < 0.05. Hasil validitas video yang diberikan juga berada pada rentang 0.8-0.9 Hasil tersebut membuktikan bahwa pemberian psikoedukasi melalui media video efektif dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai perilaku bullying. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian psikoedukasi melalui media video efektif untuk meningkatkan pengetahuan perilaku bullying pada siswa. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi bahan informasi bagi sekolah untuk lebih banyak memberikan informasi tentang bullying melalui media tertentu agar memudahkan siswa memahami suatu informasi.References
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh. (2023). Data kekerasan pada anak Januari-September 2023. https://dinaspppa.acehprov.go.id/berita/kategori/kekerasan- terhadap-anak/jumlah-kasus-dan-bentuk-kekerasan-terhadap-anak-januari-september-2023.
Higa, K. N. M., Ribka, L., Tadeus, A. L. R. (2024). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Edukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Bullying Siswa SMP Negeri 5 Kota Kupang. SEHATMAS (Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat), 3 (1), 1-12.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Ningsih, S. D., Eleonora, R. D., & Tobing, P. A. L. (2022). Edukasi Pencegahan Bullying Di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3 (2), 83-95.
Priyatna, A. (2010). Lets End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Rahman, A., Farida, A., & Abdullah, S. (2018). Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 4 (2), 129-136.
Rigby, K. (2007). Bullying in Schools: and what to do about it, Revised and Update. Camberwell Australia: Acer Press.
Sari, Y. P., & Azwar, W. (2017). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa Di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10 (2), 333-367.
Susanti, I., Siti, S., Masunatul, U., Inge, A. C., Juaneta, I. R. M., & Nova, I. P. (2023). Penguatan Pengetahuan Siswa Tentang Bullying Sebagai Upaya Meningkatkan Generasi Unggul Dan Islami. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7 (6), 6094-6101.
Zulfa, S. Z., Islah, W., Susani, H., Yunni, S., Desi, N. K., Ingelia, & Dewinny, S. D. (2022). Edukasi Bullying Pada Remaja Untuk Mencegah Perilaku Menyimpang Di SMPN 3 Pekanbaru. Jdistira (Jurnal Pengabdian Inovasi Dan Teknologi Kepada Masyarakat), 2 (2), 151-157.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the INSIGHT:Jurnal Penelitian Psikologi as the first party to publish the article.