Gambaran Kompetensi Sosial pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang mengikuti Program Magang MBKM
DOI:
https://doi.org/10.2910/insight.v2i4.18068Keywords:
kompetensi sosial, mahasiswa magang, MBKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi sosial pada mahasiswa Universitas Malikussaleh yang mengikuti program magang MBKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan analisis univariat yaitu menggambarkan tingkat kompetensi sosial mahasiswa Universitas Malikussaleh yang mengikuti program magang MBKM berdasarkan aspek- aspek kompetensi sosial dan jenis kelamin. Teknik pengambilan sampel adalah teknik nonprobability sampling yaitu sampling incidental. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 159. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa gambaran kompetensi sosial mahasiswa magang rendah dengan presentase 44,7%. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan mahasiswa dalam memenuhi tuntutan lingkungan terhadap dirinya. Aspek yang tinggi mengukur kompetensi sosial pada penelitian ini adalah Perspektif Taking dan aspek rendah dalam penelitian ini Emphaty. Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa kompetensi sosial laki-laki lebih tinggi dengan persentase 44,4% daripada perempuan dengan persentase 45,6 %.References
Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863-5873
Alghzali, R. D. (2022). Hubungan kompetensi sosial dengan komunikasi anak autis di kota Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 71-80. and antecedents. Family Matters, 64, 1-9.
Arfah, T. (2014). Rancangan program intervensi social competence dalam rangkaefektivitas interaksi mahasiswa di lingkungan sosialnya (pada mahasiswa Universitas Negeri X dan Universitas Swasta Y di Makassar). (Skripsi). https://repository.unpad.ac.id
Ashar, P. M., Maria, C., & Victoriana, E. (2017). Studi deskriptif mengenai motivasi prososial pada relawan komunitas berbagi nasi di kota Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(3), 197-208.
Chasbiansari, D. (2007). Kompetensi sosial dan kewirausahaan (studi korelasi pada anggota perkumpulan wirausahawan mahasiswa universitas diponegoro semarang). Universitas Diponegoro, Semarang.
Fatah, A. (2021). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 282-290.
Handoyono, N. A., & Rabiman, R. (2020). Kompetensi Sosial Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 4(2), 98-103.
Iriawan, S. B., & Saefudin, A. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 37.
Kemdikbud.(2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). https://dikti.kemdikbud.go.id/wp content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka- Belajar-Kampus-Merdeka-2020
Nurhuda, A. R., Fitria, N., & Ansori, M. I. (2023). Kompetensi Sosial (Societal Comptance). Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(3), 10-23.
Pandin, D. A. M. (2017). Peran kompetensi sosial pada orangtua yang memiliki anak autis di kota Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 71-80. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.417
Rahman, F. (2010). Hubungan antara egosentrisme dengan kompetensi sosial remaja smp muhammadiyah 22 setiabudi pamulang [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2384 Jakarta).
Rose-Krasnor, L. 1997. The nature of social competence: a theoretical review: Social Development. Vol. 6. No. 1.111-129.https://doi.org/10.1111/j.14679507.1997.tb00097
Sakti, Y. N., & Suparman, M. P. (2016). Kompetensi Sosial Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Tahun 2016/2017. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Sipil (JEPTS), 4(5), 1
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the INSIGHT:Jurnal Penelitian Psikologi as the first party to publish the article.