Hubungan Regulasi Diri dengan Cinderella Complex pada Mahasiswi Universitas Malikussaleh
DOI:
https://doi.org/10.2910/insight.v2i4.18056Keywords:
Regulasi Diri, Cinderella Complex, MahasiswiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami hubungan antara regulasi diri dan pola perilaku cinderella complex. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional dengan jumlah sampel 387 mahasiswi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan cinderella complex pada mahasiswi, dengan nilai korelasi negatif sebesar -0,547. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat regulasi diri, maka akan semakin rendah tingkat cinderella complex yang dialami. Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif antara regulasi diri dan cinderella complex pada mahasiswi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dan cinderella complex pada mahasiswi. Mahasiswi yang memiliki kemampuan regulasi diri yang tinggi cenderung memiliki tingkat cinderella complex yang lebih rendah.References
Baumeister, R.F., & Vohs, K.D. (2011). Handbook of self - regulation: Research, Theory, and Applications. Guilford.
Cleary, T. J., & Platten, P. (2013). Examining the correspondence between self-regulated learning and academic achievement: A case study analysis. Education Research International, 1-18. https://www.scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=2505709
Dowling, C. (1981). Tantangan wanita modern. Erlangga.
Elfariani, I & Anastasya, y, A (2022). Regulasi diri dan kecemasan sosial pada remaja. Jurnal Psikologi Terapan [JPT]. 5(1). 57-67. http://dx.doi.org/10.29103/jpt.v5i1.10421
Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori kepribadian (Edisi ketujuh). https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=689311
Hapsah, A. D. (2014). Cinderella Complex Pada Mahasiswi: Studi Deskriptif pada Mahasiswi di Universitas Negeri Semarang. 2 (2). 14-16. https://lib.unnes.ac.id/23572/
Hulukati, W & Djibran, M, R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal bikotetik. 2(1). 73-114. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbk/article/download/1787/pdf
Mayangsari, M. D. (2013). Peranan pola asuh otoriter terhadap kecenderungan cinderella complex dan prokrastinasi akademik pada remaja perempuan. Proyeksi, 8 (1), 21-32 .
Nugraha, I., & Nurhasanah, N. (2018). Hubungan regulasi diri dengan kecemasan akademis pada siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(2). https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/3635/4204
Oktaviyanti, D. (2013). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecenderungan Cinderella Complex Pada Remaja Putri Kelas XI SMA Negeri 11 Purworejo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri, Yogyakarta.
Putri, U, N, H., Nuraini., Sari, U& Mawaddah, S. (2022). Modul Kesehatan mental. CV Azka Pustaka. https://shorturl.at/rxG08
Rosa, L, F. (2018). Hubungan antara harapan lulus tepat waktu dan regulasi diri pada mahasiswa yang aktif berorganisasi. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Umatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/7433
Saha, S & Safri, T, S. (2016). Cinderella complex: theoretical roots to psychological dependency syndrome in women. The International Journal Of Indian Psychology. 3(8)., https://www.researchgate.net/publication/323545152_Cinderella_Complex_Theoretical_Roots_to_Psychological_Dependency_Syndrome_in_Women
Santrock, J, W. (2018). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup. Erlangga.
Sofia, L., Mulyana, N., Firman, A, L., & Verlanda, A. (2017). One hour rule sebagai self-regulation pada mahasiswi dengan cinderella complex. Psikostudia: Jurnal Psikologi. 6(1). 10-16.
https://ejournals.unmul.ac.id/index.php/PSIKO/article/view/2358
Sulkha, D, U & Masykur, A, M. (201). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengn Kecemasan Jauh Dari Smartphone Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Tengaran. Jurnal Empati. 10(2). 108-105. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/31002
Yasdar, M & Muliyadi. Penerapan Teknik Regulaasi (Self-Regulation) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyag Enrekang. Jurnal Edomaspul. 2(2). 50-60. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/9/7/
Zain, T, S. (2016). Cinderella complex dalam perspektif psikologi perkembangan sosial Emosi. Jurnal Indigenous. 1(1). 92-98. Https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.2222
Xu, H., Zhang Z., Wu L., & Wang C-J. (2019) The Cinderella Complex: Word embeddings reveal gender stereotypes in movies and books. PLoS ONE 14(11). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0225385
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the INSIGHT:Jurnal Penelitian Psikologi as the first party to publish the article.