Hubungan Optimism dengan Hardiness Pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang Mondok di Dayah
DOI:
https://doi.org/10.2910/insight.v2i4.17920Keywords:
Hardiness, Optimism, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan optimism dengan hardiness pada mahasiswa Universitas Malikussaleh yang mondok di dayah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala hardiness dan skala optimism yang disusun sendiri oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 226 mahasiswa Universitas Malikussaleh yang mondok di dayah dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Analisis data menggunakan Spearmans rho dan hasil yang diperoleh ialah terdapat hubungan yang kuat dan positif dengan koefisien korelasi sebesar 0,693 dan signifikansi 0,000<0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan semakin rendah optimism maka semakin rendah hardiness, begitupun sebaliknya semakin tinggi optimism maka semakin tinggi hardiness. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan pada penelitian ini dapat diterima.
References
Alfinnas, S. (2018). Membangun Academic Self-Concept Mahasantri Pasantren Nawesea. Education and Human Development Journal, 3(2), 191-197. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.59
Dewi, I. K., Nasir. M., & Salma. (2019). Optimisme dan Hardiness pada Dokter Muda di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 4 (1), 48 - 56. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/6349/3836
Febrianti, Y. P., Nuqul, F. L., & Khotimah, H. (2020). Academic Hardiness pada Mahasiswa Aktivis dan Mahasiswa yang Bekerja. Psyche 165 Journal, 13(1), 79-87. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i1.65
Izah, N., Aini, D. K., & Bukhori, B. (2023). Stres dan Strategi Coping pada Mahasiswa yang Bertempat Tinggal di Pondok Pasantren. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 3(1s), 231-242. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12364
Maddi, S. R. (2013). Hardiness Turning Stressful Circumstances into Resilient Growth. Springer Briefs in Psychology.
Maramis, J. R., & Cong, J. C. (2020). Hubungan antara Kepribadian Hardiness dengan Optimisme Masa Depan pada Mahasiswa Profesi Ners di Universitas Klabat. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(1), 49-55. https://doi.org/10.35974/jsk.v6i1.2259
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pasantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pasantren. Indonesian Netherlands Cooperation in Islamic Studies
Rachman, A. M. P., & Indriana, Y. (2013). Hardiness Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi ditinjau dari Tingkat Optimisme. Jurnal Empati, 2(4), 1-10. https://doi.org/10.14710/empati.2013.7390
Rahmawati, Y. (2019). Perbedaan Tingkat Stres antara Mahasiswa Indekos dan Mahasiswa yang Tinggal di Pondok Pasantren dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Angkatan 2015 UIN Walisongo Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Walisongo.
Risana, I. W., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara Hardiness dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Departemen Teknik Sipil Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 9(5), 370- 374. https://doi.org/10.14710/empati.2020.29255
Safarina, N. A. (2016). Hubungan Harga Diri dan Optimisme dengan Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa Magister Psikologi Universitas Medan Area. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 8(2), 99-107. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v1i1.273
Silahuddin. (2016). Budaya Akademik dalam Sistem Pendidikan Dayah Salafiyah di Aceh. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 11(2), 349-369. https://doi.org/10.30821/miqot.v40i2.296
Seligman, M. E. P. (2006). Learned Optimism: How to Change Your Mind and Your Life. Vintage Books.
Tyas, R. C. R., & C, A. (2022). Keterkaitan Kepribadian Hardiness dengan Optimisme dalam Mencari Pekerjaan pada Dewasa Awal. Psycho Idea, 20(2), 118-127. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the INSIGHT:Jurnal Penelitian Psikologi as the first party to publish the article.