Gambaran Perencanaan Karir Pada Siswa Sma Di Kota Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.12990Keywords:
PerencanaanKarir, SiswaSMAAbstract
enelitian ini bertujuan untuk melihat perencanaan karir pada siswa SMA di Kota Lhokseumawe dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui skala perencanaan karir sebanyak 348 siswa SMA di Kota Lhokseumawe. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa perencanaan karir pada siswa SMA tergolong pada kategori tinggi dengan persentase 57.8% artinya sebagian besar siswa SMA sudah mampu merencanakan karirnya dengan baik sehingga siap untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, Siswa menengah dituntut untuk mampu merencanakan karirnya dengan baik sehingga siswa memiliki tujuan karir untuk masa depannya, bagi siswa SMA agar dapat memanfaatkan layanan bimbingan konseling sehingga mampu merencanakan karirnya lebih baik kedepannya dan bagi siswa SMK agar dapat meningkatkan perencanaan karirnya dengan mengeksplor diri kepada hal yang berkaitan dengan karir sehingga mampu merencanakan karir lebih baik kedepannya.
References
Aminuddin, D., & Mulyadi. (2019). Efektivitas Layanan Informasi Karir Dalam Meningkatkan
Kemampuan Perencanaan Karir Siswa. 6(2), 52-62.
Andrian, Y., & Rusman. (2009). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013.
-23.
Desmita, E. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.
Dillard, J, M. (1985). Lifelong Career Planning. Merril Publishing.
Iramadhani, D., Astuti, W., Muna, Z., Utari, M., & Lubis, J. A. (2023). Perencanaan Karir Siswa
SMK yang Mengalami Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. 4(1), 162-170.
Kisti, H, H., & Fardana, N, A. (2012). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kreativitas Pada
Siswa SMK. 1(02), 52-58.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan .
Sari, S, N., & Haryono. (2021). Dampak Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di
Masa Pandemi Covid-19 Di Sma 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan
Humaniora, 12(1), 51. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i1.46330
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabet.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabet.
Sulusyawati, H., Yusuf, A, M., & Daharnis. (2017). Perencanaan Karier Siswa Di Sma Ditinjau
Dari Status Sosial Ekonomi , Jenis Kelamin , Dan Jurusan. 01(3).
Supriatna, M., & Budiman, N. (2009). Bimbingan Karir di SMK. Dalam E-Book, 1-72.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21 ST Century Skills.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20
Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the INSIGHT:Jurnal Penelitian Psikologi as the first party to publish the article.