Gambaran Resiliensi Akademik Pada Mahasisiwa Psikologi Universitas Malikussaleh Yang Sedang Menyusun Skripsi

Risna Noviana, Ella Suzanna, Zurratul Muna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran resiliensi akademik pada mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi. Untuk memperoleh gambaran resiliensi akademik, metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan analisis deskripsi atau gambaran secara sistenatis, faktual, dan akurat. data diperoleh melalui kuisioner “resiliensi akademik”. subjek dalam penelitian ini berjumlah 99 mahasiswa psikologi yang diperoleh berdasarkan metode total sampling dimana seluruh mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi memiliki resiliensi akademik yang tinggi (46,6%), artinya sebagian besar mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi mampu bertahan dalam menghadapi keadaan sulit, penuh tekanan, tantangan, hambatan, bahkan kegagalan dalam proses menyusun skripsi. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang memiliki resiliensi akademik yang tinggi memiliki kemampuan secara emosional, kognitif, dan memperlihatkan perilaku atau sikap yang positif saat mengatasi permasalahan dalam proses menyusun skripsi demi mencapai tujuan dan target jangka panjang.

Keywords


resiliensi akademik;mahasiswa;menyusun skripsi

Full Text:

PDF

References


Amelia, S., Asni, E., & Chairilsyah, D. (2014). Gambaran ketangguhan diri (resiliensi) pada mahasiswa tahun pertama fakultas kedokteran universitas riau (Doctoral dissertation, Riau University). https://www.neliti.com/id/publications/189043/gambaran-ketangguhan-diri-resiliensi- pada-mahasiswa-tahun-pertama-fakultas-kedok#cite

Brougham, R. R., Zail, C. M., Mendoza, C. M., & Miller, J. R. (2009). Stress, sex differences, and coping strategies among college students. Current Psychology, 28(2), 85–97. https://doi.org/10.1007/s12144-009-9047-0

Cassidy, S. (2015). Resilience building in students: the role of academic self-efficacy. Front. Psychol. 6:1781. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01781

Cahyani, Y.E & Akmal, S.Z. (2017). Peranan spiritualitas terhadap resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1) : 32-41. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v2i1.1822

Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76– 82. https://doi.org/10.1002/da.1011310.1002/da.10113

Darmalaksana, W. (2022). Panduan penulisan skripsi dan tugas akhir. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63098

Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. S. (2020).

Gambaran resiliensi akademik mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(2). http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8541

Imandiri, A., Widyastuti, E., & Jonosewojo, A. (2017). State anxiety inventory score among students with final assignment. Journal of Vocational Health Studies, 1(1), 11-14. http://dx.doi.org/10.20473/jvhs.V1.I1.2017.11-14

Lodewyk, K. R., & Winne, P. H. (2005). Relations among the structure of learning tasks, achievement, and changes in self-efficacy in secondary students. Journal of educational psychology, 97(1), 3. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.97.1.3

Malikussaleh, U. (2020). Buku Panduan Akademik.

Martin, A. J., and Marsh, H. W. (2009). Academic Resilience and academic buoyancy: multidimensional and hierarchical conceptual framing of causes, correlates and cognate constructs. Oxford Review of Education. 35, 353-370. https://doi.org/10.1080/03054980902934639

Mayoral, L. (2006). Exam stress, depression, social support, and sleep disturbance. https://doi.org/10.31979/etd.6yb4-ub4d

Ramadanti, G., & Sofah, R. (2022). Resiliensi akademik pada siswa berdasarkan prestasi belajar. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Malang (pp. 141-149). http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/2875

Reivich K, Shatte A. (2002). The resilience factor; 7 essential skill for overcoming life’s inevitable obstacle. 1st ed. New York: Broadway Books

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi. https://www.researchgate.net/publication/318128262_Peranan_Optimisme_terhadap_Resiliensi_pada_Mahasiswa_Tingkat_Akhir_yang_Mengerjakan_Skripsi

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Bandung : Alfabeta

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan x fakultas teknik universitas diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182. https://doi.org/10.14710/empati.2016.14979

Shinta, D. (2021). Hubungan resiliensi akademik dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angakatan 2015 dan 2016 fakultas psikologi universitas medan area. (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area). http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17233

Shinta, D., Fadilah, R., & Murad, A. (2022). Hubungan resiliensi akademik dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 fakultas psikologi universitas medan area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.978

Undang-Undang No.12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336).

Utami, L. H. (2020). Bersyukur dan resiliensi akademik mahasiswa. Nathiqiyyah, 3(1), 1-21. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.69

Wibowo, U. F. (2018). Resiliensi akademik mahasiswa yang sedang menempuh skripsi (Universitas Muhammadiyah Malang). Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/41433

Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M. (2014). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi. Jurnal Sosio Humaniora, 5(1). http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/soshum/article/view/136




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i3.12688

Article Metrics

 Abstract Views : 70 times
 PDF Downloaded : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Risna Noviana, Ella Suzanna, Zurratul Muna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.