Gambaran orientasi masa depan pada siswa SMKN sekota Lhokseumawe yang pernah mengalami proses adaptasi di masa pandemi covid 19

afliza amir, yara andita anastasya, dwi iramadhani

Abstract


Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran orientasi masa depan siswa SMKN Sekota Lhokseumawe yang pernah mengalami proses adaptasi menggunakan metode kuantitatif. Terdapat 287 siswa dari SMKN Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel. Metode pengumpulan data menggunakan alat alat ukur orientasi masa depna untuk mengukur variable orientasi masa depan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis univariat. Hipotesis penelitian ini adalah melihat gambaran satu variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 180 siswa dengan kategorisasi tinggi, hal tersebut menunjukkan bahwa siswa SMKN memiliki gambaran masa depan terkait pendidikan berikutnya dan 107 siswa yang memiliki kategori rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa SMKN kota Lhokseumawe tidak semua memikirkan, memiliki tujuan, dan berusaha mencapai tujuan tersebut, sehingga  hal ini patut dijadikan perhatian untuk meningkat orientasi masa depan terkait pendidikan siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi siswa SMKN untuk dapat meningkatkan orientasi masa depan sehingga siswa SMKN mendapat pandanagn untuk memilih karir yang ingin dipilih sehingga siswa dapat mempersiapkan dirinya dirinya untuk memilih karir yang ingin ditekuni.

Kata Kunci: Orientasi Masa Depan, siswa SMKN, Adaptasi


Keywords


Orientasi Masa Depan, siswa SMKN, Adaptasi

Full Text:

PDF

References


Atmalela. (2019). Gambaran Tentang Orientasi Masa Depan Pada Remaja Akhir Di Kota Malang. Skripsi. Malang. Universitas Muhammadiyah.

Dahlan, S (2010). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta. Salemba Medika.

Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hanifah, M, F. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV Di Kecamatan Cibeuying Kidul. Bandung: Unpas.

Herianto (2015). Hubungan antara Orientasi Masa Depan dan Daya Juang terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman.

Hurlock, E. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Nurmi, J. E. (1991). How do Adolescents See Their Future ? A review of the Development of Future Orientation and Planning

Nurmi, J, E (1997). Adoscents Orientation to the Future: Development of Interest and Plants, and Related Attributions and Affects, in the Life- Span Context, Helsinki, Commentationes Scientiarum Socialium.

Seginer, R. (2008). Future orientation in times of threat and challenge: How resilient adolescents construct their future. International Journal of Behavioral Development, 32(4), 272–282. https://doi.org/10.1177/0165025408090970

Seginer, R. (2009). Future Orientation: Developmental and Ecological Perspectives. New York: LCC

Steinberg, L. (2009). Age Of Opportunity: Lesson From The New Science Of Adolescence. Houghton Miffin Harcourt.

Trommsdroff & Lamm (2005). Future Time Orientation and Its Relevane for Development as Action.




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i3.12623

Article Metrics

 Abstract Views : 42 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 afliza amir, yara andita anastasya, dwi iramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.