GAMBARAN ORIENTASI MASA DEPAN MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Hema Ayu Pandia, rahmia dewi, ella suzanna

Abstract


Mahasiswa yang sudah memahami orientasi masa depan pada dirinya akan memiliki pandangan kedepannya untuk menentukan pilihan dan mengevaluasi rencana yang sudah dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan orientasi masa depan pada mahasiswa Psikologi Universitas malikussaleh dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini diukur menggunakan skala orientasi masa depan. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Psikologi Universitas malikussaleh yang berjumlah 256 subjek. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategorisasi orientasi masa depan, subjek memiliki kategorisasi tinggi berjumlah 108 mahasiswa dengan persentase 42,2% sedangkan untuk kategori rendah berjumlah 148 mahasiswa dengan persentase 57,8%. Mayoritas subjek menunjukkan bahwa mahasiswa Psikologi Universitas Malikussaleh memiliki orientasi masa depan dalam kategori rendah. Subjek yang memiliki orientasi masa depan dengan kategori rendah menghasilkan tidak bisa merancang strategi menghadapi masa depan dan ketidak yakinan. Namun dari hasil jenis kelamin berdasarkan aspek mahasiswa psikologi Universitas Malikussaleh sudah memiliki orientasi masa depan, namun dalam pilihannya berbeda sehingga tahapan yang dilakukan juga berbeda.


Keywords


Mahasiswa Psikologi, Orientasi Masa Depan, Universitas Malikussaleh  

Full Text:

PDF

References


Agusta, Y. N. (2014). Hubungan antara Orientasi Masa Depan dan Daya Juang Terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman.Psikoborneo, 2(3).

Amalia, I., Anastasya, Y. A., dan Suzanna, E. (2022). Gambaran Orientasi Masa Depan Mahasiswa Tingkat Akhir Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah di Universitas Malikussaleh.Psikodimensia, 21(1).

Amin.Pratitis, N. T., & Arifiana, I. Y. (2022).Orientasi Masa Depan dan Minat Melanjutkan Studi S2.INNER:Journal of Psychological Research,2(1).

Azwar, S. (2015).Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.

Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa Di Masyarakat. De Banten-Bode-Jurnal Pengabdian Masyarat Setiabudi, Vol 1(1).

Damayanti, G., S. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Orientasi Masa Depan Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Onole Dimasa Pandemi.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Febriyanto, T. T. N. (2017). Hubungan Konsep Diri dengan Orientasi Masa Depan di Bidang Pekerjaan pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hadianti, S. W., dan Krisnani, H. (2019). Penerapan Orientasi Masa Depan (OMD) Pada Remaja yang MengalamiKebingungan Identitas (Menentukan Tujuan Hidup).Social Work Jurnal.7(1).

Hafidz, M. (2022). Gambaran orientasi masa depan pada mahasiswa semester lanjut. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang.

Hanim, L. M., dan Ahlas, S. (2020). Orientasi Masa Depan dan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa.Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1).

Hermawati, N. (2013). Gambaran Orientasi Masa Depan Area Pekerjaan pada Mahasiswa Fakultas UIN SGD Bandung.Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1).

Hermawati, N. (2014). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan Area Pekerjaan dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Psikologi Angkatan 2001 UIN SGD Bandung.Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1).

Hulukati, W., dan Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, Vol 2(1).

Kamsyar, W. O. R. (2017). Hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial orang tua dengan orientasi masa depan pada siswa kelas XII SMAN 10 Semarang (Doctoral dissertation, Fakultas Psikologi UNISSULA).

Kejarcita.id. (18 Oktober 2022). Apa Itu UU Tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi?. Diakses Pada 3 Januari 2023, dari https://www.googlw.com/amp/s/blog.kejarcita.id/apa-itu-uu-tentang-pendidikan-dan-layanan-psikologi/amp/.

KBBI.(2012). Pada KBBI Daring. Diambil 3 Januari 2023, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mahasiswa.

Manara, M. U. (2014). Hard Skills dan Soft Skills pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri.Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1).

Marliani, R. (2013). Hubungan Antara Religiusitas dengan Orientasi Masa Depan Bidang Pekerjaan pada Mahasiswa Tingkat Akhir.Jurnal Psikologi, 9(2).

Masfufah, V. (2020).Pengaruh Komunikasi Orang tua-remaja dan Konsep Diri Terhadap Orientasi Masa Depan pada Remaja.Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.

Nasution, A. M. R. (2022). Hubungan Optimisme dengan Orientasi Masa Depan pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Malikussaleh. Program Studi Psikologi Univerrsitas Malikussaleh.

Notoatmodjo,S. (2012).Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Noviyanti, S., dan Freyani, L. (2001). Orientasi Masa Depan Dalam Bidang Pendidikan Dan Karir Pada Mahasiswa Pada Siswa SMA Program Akselerasi. Journal Gifted, 22(53).

Nurmi, J. E. (1991). How Adolescents See Their Future? A Review of the Development of Future Orientation and Planning.Helsinski Developmental Review, 11(1).

Papalia, D. E., Olds, S, W., dan Feldman, R. D. (2010).Human Development Perkembangan Manusia. Salemba Humanika.

Priyatno, D. (2011). Buku Saku SPSS Analisis Statistik Data Lebih Cepat, Efisien, dan Akurat.MediaKom.

Seginer, R. (2009). Future orientation:Developmental and ecological perspectives. Springer Science & Business Media.

Sitompul, W. T., Mirza, R & Yulinda. (2019). Orientasi masa depan dan religiusitaspada mahasiswa Teknik Informatika. Journal of Psychology, 3(1): 1-74

Steinberg, L., Graham, S., O’Brien, L., Woolard, J., Cauffman, E., & Banich, M. (2009). Age Differences in Future Orientation and Delay Discounting. Child Development, 80(1).

Stoltz, P. G. (2000). Adversity quotient: mengubah hambatan menjadi peluang Terjemahan Hermaya. PT Grasindo.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfa Beta.

Tangkeallo, G. A., Purbojo, R., dan Sitoru, K. S. (2014). Hubungan antara self efficacy dengan orientasi masa depan mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Psikologi, 10 (1): 1-12.

Triana, K. A. (2013). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan dengan Prokrastinasi dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Mulawarman Samarinda.Ejounal Psikologi, 1(3).

Trommsdorff.G., dan Lamm, H. (1983).Future Orientation and Socialization. International Journal Of Psychology, 18(1-4). Doi.1080/00207598308247489.

Winurini, S. (2021).Pengembangan skala orientasi masa depan pendidikan pada remaja Indonesia. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2): 179-193.




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i3.12474

Article Metrics

 Abstract Views : 94 times
 PDF Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hema Ayu Pandia, rahmia dewi, ella suzanna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.