Hubungan Dukungan Sosial dengan Adaptabilitas Karir Siswa SMK di Mota Medan
DOI:
https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.12070Keywords:
Dukungan Sosial, Siswa SMK, KarirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dukngan sosial terkait karir pada siswa SMK di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan analisis univariat. Data diperoleh melalui skala dukungan sosial yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek dukungan sosial dari Sarafino dan Smith. Subjek pada penelitian ini berjumlah 397 siswa SMk di Kota Medan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan terdapat dukungan sosial terkait karir yang tinggi pada siswa SMK di Kota Medan. Artinya, siswa SMK memdapatkan dukungan sosial yang baik dari lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat dilihat dari semua aspek dukungan sosial yang memiliki katagorisasi tinggi yaitu aspek dukungan emosional, dukungan nyata atau instrumental, dukungan informasional dan dukungan persahabatan.References
Jayanti, G., Achmadi., & Okianna. (2020). Revelansi program keahlian lulusan SMK dengan dunia kerja di kota pontianak. Journal of Equatorial Education and Learning, 9(10)1-9. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i10
Steinberg,L.D. (2016).adolescenteleventhEdition.McGrawHillEducation
Prahesty, I. D., & Mulyana, O. P. (2013). Perbedaan Kematangan Karir Siswa Ditinjau dari Jenis Sekolah. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2), 1-7. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/7107
Sarafino, E. P., & Smith T. W. (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interactions Seventh Edition. John Willey & sons, Inc.
Badan Pusat Statistik. (2022). Kota Medan Dalam Angka 2022. BPS Kota Medan, 561.
Olla, Y., & Abdullah, S. M. (2021). Peran Orientasi Karier dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Career Decision Making Siswa. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(2), 143. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.5696
Sulusyawati, H., & Juwanto. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 5(1), 1-48. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p13-16
Wang, Z., & Fu, Y. (2015). Social Support, social comparison, and career adaptability: A Moderate mediation model. Social Behavior And Personality, 43(4), 649-660. https://doi.org/10.2224/sbp.2015.43.4.649
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the INSIGHT:Jurnal Penelitian Psikologi as the first party to publish the article.