GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS 1 TSANAWIYAH DI DAYAH TERPADU AL-MUSLIMUN
DOI:
https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.11589Keywords:
Dayah Terpadu, Penyesuaian Diri, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri pada siswa di Dayah Terpadu Al-Muslimun, untuk memperoleh gambaran penyesuaian diri, metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk membuat suatu deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat. Data diperoleh melalui skala penyesuaian diri. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 158 orang siswa yang diperoleh berdasarkan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa Dayah Terpadu Al-Muslimun memiliki penyesuaian diri yang buruk (53,2%), artinya sebagian besar siswa Dayah Terpadu Al-Muslimun belum mampu mengikuti peraturan yang telah ditetapkan dan belum mampu menyesuaikan diri dengan kegiatan yang berlaku di lingkungannya, siswa tidak peka dengan masalah dan kesulitan orang lain yang ada di sekelilingnya, siswa juga belum dapat mengembangkan rasa saling membantu dan belum mampu membangun relasi dengan orang lain.
References
Ardiyanti, P., & Kasturi, T. (2015). Kemandirian pada Anak Tengah Dari Latar Belakang Budaya Yang Berbeda (Doctoral disertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.
Dianitrie, A. (2016) Penyesuaian Diri Siswa SMP Kelas VII di SMPIT Thariq Bin Ziyad Bekasi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Karim, H. A., & Salehudin, M. (2021). Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Mengembangkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 18(1), 30-43.
Mpu. Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Aceh.
Pertiwi, N. H. (2021). Penyesuaian diri pada siswa Cerdas istimewa di SMA Negeri 09 Semarang. Jurnal Psikologi.
Pritaningrum, M., & Hendriani, W. (2013). Penyesuaian diri remaja yang tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada tahun pertama. Jurnal Psikologi kepribadian dan sosial, 2(3), 134-143.
Putro, C., & Murniati, B. (2017). Manajemen Pembelajaran Seni Budaya Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Dayah Terpadu Sma Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(4).
Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Pt Raja Grafindo Persada: Jakarta
Sagita, D. D., Erlamsyah, E., & Syahniar, S. (2013). Hubungan antara perlakuan orangtua dengan penyesuaian diri siswa di sekolah. Konselor, 2(1).
Schneider, A. (1964). Personal adjusment and mental health. USA: Brosh ublishing company
Siregar, N. S. (2011). Perbedaan kederdasan emosi antara anak sulung dan anak bungsu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Siswanto. (2007). Kesehatan Mental Konsep, Cakupan Dan Perkembangan. C.V Andi Offset.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Wulandari, N. K., & Rustika, I. M. (2016). Peran kemandirian dan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri pada siswa asrama tahun pertama SMK kesehatan Bali Medika Denpasar, Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 232-243.
Wulandari, S. W. (2016). Hubungan antara kesejahteraan psikologis dan penyesuaian diri siswa kelas X SMK Santa Maria Jakarta. Psiko Edukasi, 14(2), 94-100.
Wulanningrum, D, N. (2011). Hubungan antara Urutan Kelahiran dalam Keluarga dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja di SMA Muhammadiyah I Klaten.
Yanti, S. F., & Tantoro, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur (Doctoral dissertation, Riau University).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the INSIGHT:Jurnal Penelitian Psikologi as the first party to publish the article.