Gambaran Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Malikussaleh yang Terkena Dampak Pandemi COVID-19

julianti Julianti, Dwi Iramadhani, Ika Amalia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Malikussaleh yang terkena dampak Pandemi Covid -19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis univariat. Data diperoleh melalui skala kesiapan kerja yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek kesiapan kerja dari Caballero. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 376 mahasiswa tingkat akhir. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa sebanyak 48,9% mahasiswa memiliki kesiapan kerja yang tinggi, artinya mahasiswa merasa siap untuk memasuki dunia kerja. Walaupun banyak mahasiswa yang kesiapan kerjanya tinggi, terdapat pula 46,8% mahasiswa lainnya tergolong dalam kesiapan kerja yang rendah. Kesiapan kerja juga tergolong tinggi jika dilihat berdasarkan aspek karakteristik pribadi dan ketajaman organisasi, namun berdasarkan aspek kompetensi kerja dan kecerdasan sosial masih berada pada kategori yang rendah. Dilihat dari kategori jenis kelamin, laki-laki memiliki kesiapan kerja yang lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Keywords


Kesiapan Kerja, Mahasiswa Tingkat Akhir, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Agusta, Y. N. (2014). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan dan Daya Juang Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i3.3653

Andika, K. F., Basori., Efendi, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK), 11(2), 69-78. https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i2.19570

Badan Pusat Statistik. (2022). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986–2022. Diakses pada 12 Juli 2022 dari https://www.bps.go.id/statictable/2009/04/16/972/pengangguran-terbuka-

Caballero, C., & Walker, A. (2010). Work Readiness in Graduate Recruitment and Selection: A Review of Current Assessment Methods. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 1(1), 13-25. https://doi.org/10.21153/jtlge2010vol1no1art546

Caballero, C.L., Walker, A., & Fuller, M. (2011). The Work Readiness Scale (WRS): Developing a Measure to Assess Work Readiness in College Graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(2), 41-54. https://doi.org/10.21153/jtlge2011vol2no1art552

Cahyadi, N.L., & Noviaty K.D. (2017). Pengaruh Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1496-1514.

Farah, B., & Nasution, R. D. (2020). Analisis perubahan orientasi pola hidup mahasiswa pasca berakhirnya masa pandemi covid-19. Jurnal Noken: Ilmu- Ilmu Sosial, 5(2), 23- 36. https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.968

Indayani, S., & Hartono, B. (2020). Analisis pengangguran dan pertumbuhan ekonomi sebagai akibat pandemi covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 201-208. https://doi.org/10.31294/jp.v17i2

Jeannie, D., & Jennifer, B. (2014). Sudents identity development in higher education: implications for graduate attributes and work-readiness, Educational Research, 56(1), 65-76. https://doi.org/10.1080/00131881.2013.874157

Khairunnisa, N., Damris, D., & Kamid, K. (2021). Problematika Implementasi Pembelajaran Matematika Secara Daring pada Siswa SMP Kota Jambil Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2172-2184.

Kirani, F.F., & Chusairi A. (2022). Tinjauan Sistematis: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 821-828. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.646

Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 65-76.

Latif, A., Yusuf, A.M., & Effendi, Z.M. (2017). Hubungan Perencanaan Karier dan Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa. Konselor, 6(1), 29-38.

Mustika, N. P., & Royanto, L. R. (2020). Peran motivasi sebagai mediatior antara kesiapan belajar daring dan pengalaman belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Ulaya: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 8(2), 305-329. https://doi.org/10.24854/jpu187

Paryanto., Hidayat, F., & Harjanto, C. T. (2020). Implementation of problem based learning to improve student learning achievement in turning machining lesson. Journal of Physics: Conference Series, 6(1), 1-8.

Pohan, F. S., & Kisman, Z. (2022). Dampak Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Trilogi. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2), 307- 314.

Qomariyah, L., & Febriyanti, M. N. (2021). Exploration of the factors of work readiness during the pandemic Covid-19. Proceedings of Psychology in Individual and Community Empowerment to Build New Normal Lifestyle, 2(1), 153-160. https://doi.org/10.30595/pssh.v2i.121

Rahmawati, N. E., & Budiani, M. S. (2021). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Ilmu Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 217-227.

Rondonuwu, V. W., Mewo, Y. M., & Wungow, H. I. (2021). Pendidikan Kedokteran di Masa Pandemi COVID-19 Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2017 Unsrat. JURNAL BIOMEDIK: JBM, 13(1), 67-75.

Santrock, John W. (2011). Live-Span Development : Perkembangan Masa Hidup (ed. 13). Jakarta: Erlangga.

Triling & Fadel. (2009). 21st Century Skill: learning for life in our times. Jossey Bass: USA




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.11448

Article Metrics

 Abstract Views : 17 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 julianti, Dwi Iramadhani, Ika Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.