Gambaran Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Malikussaleh yang Terkena Dampak Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.11448Keywords:
Kesiapan Kerja, Mahasiswa Tingkat Akhir, Pandemi Covid-19Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Malikussaleh yang terkena dampak Pandemi Covid -19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis univariat. Data diperoleh melalui skala kesiapan kerja yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek kesiapan kerja dari Caballero. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 376 mahasiswa tingkat akhir. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa sebanyak 48,9% mahasiswa memiliki kesiapan kerja yang tinggi, artinya mahasiswa merasa siap untuk memasuki dunia kerja. Walaupun banyak mahasiswa yang kesiapan kerjanya tinggi, terdapat pula 46,8% mahasiswa lainnya tergolong dalam kesiapan kerja yang rendah. Kesiapan kerja juga tergolong tinggi jika dilihat berdasarkan aspek karakteristik pribadi dan ketajaman organisasi, namun berdasarkan aspek kompetensi kerja dan kecerdasan sosial masih berada pada kategori yang rendah. Dilihat dari kategori jenis kelamin, laki-laki memiliki kesiapan kerja yang lebih tinggi dibandingkan perempuan.References
Agusta, Y. N. (2014). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan dan Daya Juang Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i3.3653
Andika, K. F., Basori., Efendi, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK), 11(2), 69-78. https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i2.19570
Badan Pusat Statistik. (2022). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986-2022. Diakses pada 12 Juli 2022 dari https://www.bps.go.id/statictable/2009/04/16/972/pengangguran-terbuka-
Caballero, C., & Walker, A. (2010). Work Readiness in Graduate Recruitment and Selection: A Review of Current Assessment Methods. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 1(1), 13-25. https://doi.org/10.21153/jtlge2010vol1no1art546
Caballero, C.L., Walker, A., & Fuller, M. (2011). The Work Readiness Scale (WRS): Developing a Measure to Assess Work Readiness in College Graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(2), 41-54. https://doi.org/10.21153/jtlge2011vol2no1art552
Cahyadi, N.L., & Noviaty K.D. (2017). Pengaruh Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1496-1514.
Farah, B., & Nasution, R. D. (2020). Analisis perubahan orientasi pola hidup mahasiswa pasca berakhirnya masa pandemi covid-19. Jurnal Noken: Ilmu- Ilmu Sosial, 5(2), 23- 36. https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.968
Indayani, S., & Hartono, B. (2020). Analisis pengangguran dan pertumbuhan ekonomi sebagai akibat pandemi covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 201-208. https://doi.org/10.31294/jp.v17i2
Jeannie, D., & Jennifer, B. (2014). Sudents identity development in higher education: implications for graduate attributes and work-readiness, Educational Research, 56(1), 65-76. https://doi.org/10.1080/00131881.2013.874157
Khairunnisa, N., Damris, D., & Kamid, K. (2021). Problematika Implementasi Pembelajaran Matematika Secara Daring pada Siswa SMP Kota Jambil Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2172-2184.
Kirani, F.F., & Chusairi A. (2022). Tinjauan Sistematis: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 821-828. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.646
Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 65-76.
Latif, A., Yusuf, A.M., & Effendi, Z.M. (2017). Hubungan Perencanaan Karier dan Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa. Konselor, 6(1), 29-38.
Mustika, N. P., & Royanto, L. R. (2020). Peran motivasi sebagai mediatior antara kesiapan belajar daring dan pengalaman belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Ulaya: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 8(2), 305-329. https://doi.org/10.24854/jpu187
Paryanto., Hidayat, F., & Harjanto, C. T. (2020). Implementation of problem based learning to improve student learning achievement in turning machining lesson. Journal of Physics: Conference Series, 6(1), 1-8.
Pohan, F. S., & Kisman, Z. (2022). Dampak Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Trilogi. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2), 307- 314.
Qomariyah, L., & Febriyanti, M. N. (2021). Exploration of the factors of work readiness during the pandemic Covid-19. Proceedings of Psychology in Individual and Community Empowerment to Build New Normal Lifestyle, 2(1), 153-160. https://doi.org/10.30595/pssh.v2i.121
Rahmawati, N. E., & Budiani, M. S. (2021). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Ilmu Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 217-227.
Rondonuwu, V. W., Mewo, Y. M., & Wungow, H. I. (2021). Pendidikan Kedokteran di Masa Pandemi COVID-19 Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2017 Unsrat. JURNAL BIOMEDIK: JBM, 13(1), 67-75.
Santrock, John W. (2011). Live-Span Development : Perkembangan Masa Hidup (ed. 13). Jakarta: Erlangga.
Triling & Fadel. (2009). 21st Century Skill: learning for life in our times. Jossey Bass: USA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the INSIGHT:Jurnal Penelitian Psikologi as the first party to publish the article.