Gambaran Efikasi Diri pada Guru SLB Non-PLB di Lhokseumawe dan Aceh Utara

Rusydina Sabila, Dwi Iramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran efikasi diri pada guru SLB Non-PLB di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah tujuh puluh dua guru SLB non-PLB di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total. Pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori efikasi diri dari Bandura. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan jenis analisis yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil analisis data diperoleh sebanyak 41,7% guru memiliki efikasi diri yang rendah, artinya guru merasa khawatir terhadap kemampuannya dalam mengajar. Guru yang memiliki efikasi diri yang rendah cenderung menyerah ketika menghadapi siswa yang bermasalah. Pada kategori usia, guru dengan usia dewasa awal memiliki efikasi diri yang tergolong rendah dibandingkan guru dengan usia dewasa madya. Dilihat dari kategori masa kerja, guru dengan masa kerja di bawah 5 tahun lebih rendah efikasi dirinya dibandingkan guru dengan masa kerja di atas 5 tahun.

Keywords


efikasi diri; guru SLB; latar pendidikan non-PLB, non-educational background, self-efficacy, special needs education teacher

Full Text:

PDF

References


Agustin, K. & Afriyeni, N. (2016). Pengaruh self efficacy terhadap subjective well-being pada guru SLB di kota Padang. Jurnal RAP UNP, 7(1), 36- 43.

Agustina, L. T. & Rozali, Y. A. (2022). Efikasi diri dan ketidakamanan kerja: bagaimana hubungannya? (Studi pada karyawan PT. Z, Tangerang). JCA Psikologi 3(1), 30-37.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman and Company.

Caturwangi, D. K., Budiyanto, & Wahyudi, A. (2017). Kompetensi guru SLB non-PLB (Kajian penyiapan dan implikasi kerja). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(1), 79-84.

Hapsari, I. I., & Mardiana. (2016). Empati dan motivasi kerja guru sekolah luar biasa. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 5(1), 48-56.

Hastuti, M. A. (2018). Analisis kompetensi pedadogik guru non PLB di SLB negeri pembina yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(5), 449-455.

Khairiyah, R. M. (2014). Perbedaan efikasi diri guru pendidikan anak usia dini dalam pendidikan inklusi ditinjau dari lama mengajar dan latar belakang pendidikan di Kecamatan Grabag. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/23591/.

Nowak, B. M. (2019). The sense of self-efficacy of teachers working in special schools - A research communiqué. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(10), 161-174.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan pendidikan nasional nomor 32 tahun 2008 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru SLB.

Prastadila, P. & Paramita, P. P. (2013). Hubungan antara emotional intelligence dengan self efficacy guru yang mengajar di sekolah inklusi tingkat dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(1), 35-45.

Rachman, F. A., Rahmi, F., & Sembiring, L. A. (2021). Kekuatan karakter pada guru honorer sekolah luar biasa (SLB) kota Padang. Borobudur Psychology Review 1(1), 22-28.

Siyoto, S. & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Tusyana, E. (2019). Kompetensi pedagogik guru SLB berlatar belakang pendidikan non pendidikan luar biasa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/38701/

Wulan, D. K., & Apriliani, A. C. (2017). Job demands dan burnout pada guru sekolah luar biasa negeri. Jurnal Psikologi, 6(1), 17-25. https://doi.org/10.21009/JPPP.061.03.




DOI: https://doi.org/10.2910/insight.v1i1.10434

Article Metrics

 Abstract Views : 180 times
 PDF Downloaded : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rusydina Sabila, Dwi Iramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.