Strategy of The Tanjungpinang City Cooperative and Micro-Enterprise Labor Service in Reduching The Tanjungpinang City

Surya Surya

Abstract


Pada tahun 2022, Kota Tanjungpinang mengalami penurunan angka kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang dalam mengurangi angka kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang telah membuat strategi dan melaksanakan strategi tersebut namun gagal dalam menurunkan angka kemiskinan di Kota Tanjungpinang. Strategi yang dilakukan Dinas Koperasi dan Ketenagakerjaan Mikro adalah: 1) Peningkatan kualitas pelaku usaha mikro dan pengurusnya melalui pelatihan, pendampingan dan fasilitas standardisasi produk; 2) Optimalisasi penempatan tenaga kerja di sektor formal melalui program antar kerja lokal, regional, dan antar negara; 3) Pengembangan jaringan informasi pasar kerja untuk mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja di pasar kerja; 4) Menumbuhkan usaha mandiri, membina kerja produktif padat karya dan memperkenalkan teknologi tepat guna untuk mengoptimalkan perluasan kesempatan kerja pada sektor informal. Kegiatan program yang dilakukan lebih fokus pada pengembangan kewirausahaan. Baik pelaksanaan maupun pengembangan program kegiatan masih perlu perbaikan untuk memaksimalkan penurunan angka kemiskinan di Kota Tanjungpinang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dinas Koperasi dan Ketenagakerjaan Mikro telah berupaya sebagai penyedia informasi dan pelayanan dibidangnya namun belum berkontribusi secara penuh dalam mengurangi kemiskinan di Kota Tanjungpinang.

Keywords


Strategy, Unemployment, Employment, Job Market

Full Text:

PDF

References


Daud, D. R., & Mobonggi, A. (2019). Program Pelatihan Kerja dalam Meningkatkan Kompetensi Pencari Kerja. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam , 143-159.

Jaya, I. M. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jawa Tengah: Quadrant.

Maharani , F., Pane, P. Y., Hrp, N. H., & Siregar, Z. (2019). Strategi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial dalam Mengurangi Angka Pengangguran Melalui Job Fair Di kabupatenn Tapanuli Selatan. Jurnal ESTUPRO, 102-107.

Malik, N. (2016). Dinamika Pasar Tenaga Kerja Indonesia. Malang: UMM Press.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2009). Manajemen Strategis, Edisi 10, Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian Buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Polandos, P. M., Engka, D. S., & Tolosang, K. D. (2019). Analisis Pengaruh Modal, Lama Usaha, dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Mikro. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 36-47.

Sari, C. D. (2022). Peran Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang dalam Mendorong Keterserapan Kerja Bagi Masyarakat Pencari Kerja Pada Masa Normal Baru Tahun 2020. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji .

Sastrohadiwiryo, S., & Syuhada, A. H. (2021). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional (Edisi Revisi). Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Syafnidawaty. (2020, November 08). Data Primer. Retrieved from Universitas Raharja: https://raharja.ac.id/2020/11/08/data-primer/

Tanjung, F. A., Windarto, A. P., & Fauzan, M. (2021). Penerapan Metode K-Means Pada Pengelompokan Pengangguran di Indonesia. Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika (JURASIK), 61-74.

Tika, R. (2022, Mei 26). Angka Pengangguran di Ibu Kota Kepri Kota Tanjungpinang Capai 6.000 orang. Retrieved from TribunBatam.id: https://batam.tribunnews.com/




DOI: https://doi.org/10.29103/ijpas.v3i2.15148

Article Metrics

 Abstract Views : 80 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Surya Surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

e-ISSN 2807-3169

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Address: Kampus Bukit Indah jln Sumatera nomor 8 Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, tlp. 0645 44450/ 08116818083 fax 0645 44450 ISSN:

Flag Counter

statcounter International Journal of Public Administration Studies