Upaya Pengelolaan Diabetes Mellitus Tipe 2 dengan Pendekatan Pelayanan Kedokteran Keluarga

Wina Yunida M Siregar, Ridhalul Ikhsan, Maulana Ikhsan, Rahmia Dewi, Zurratul Muna, Noviana Zara, Maulina Debbyousha

Abstract


Pasien perempuan berusia 30 tahun datang dengan keluhan kaki kesemutan yang dirasakan dalam 1 bulan ini dan memberat dalam 2 minggu ini. Pasien juga mengeluhkan gatal-gatal di  seluruh tubuh sejak 2 minggu ini. Pasien merasa jika terjadi luka lama sembuhnya. Pasien merasa sering buang air kecil pada malam hari. Pasien juga merasa sering lapar dan sering haus. Pemerikssaan kadar glukosa darah sewaktu pada pasien didapatkan 353 mg/dl. Perhitungan index massa tubuh didapatkan 21,7 kg/m2 (normal). Data primer diperoleh melalui anamnesis dan pemeriksaan fisik dengan melakukan kunjungan rumah. Penilaian dilakukan berdasarkan diagnosis holistik awal, proses, dan akhir kunjungan. Intervensi yang dilakukan diantaranya adalah edukasi mengenai pentingnya mengonsumsi obat secara teratur untuk mengontrol kadar gula darah dan komplikasi yang dapat terjadi. Pasien juga diedukasi mengenai pola makan, edukasi untuk  melakukan aktivitas fisik dan olahraga.

Keywords


Diabetes Mellitus, Index Massa Tubuh, glukosa darah sewaktu

Full Text:

PDF

References


Setiati S, Alwi I, Sudoyo AW, K. MS, Setiyohadi B, Syam AF. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. 6th ed. Jakarta: Interna Publishing; 2014. 326–332 p.

International DIabetes Federation. IDF Diabetes Atlas. 2019.

Kementerian Kesehatan RI. Infodatin Tetap Produktif, Cegah, dan Atasi Diabetes Melitus 2020. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2020. p. 1–10.

Dinas Kesehatan Aceh. Profil Kesehatan Aceh 2021. 2021.

Decroli E. Diabetes Melitus Tipe 2. Kam A, Efendi YP, Decroli GP, Rahmadi A, editors. Padang: Pusat Penerbitan Bagian Ilmu Penyakit Dalam; 2019.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v2i4.9983

Article Metrics

 Abstract Views : 275 times
 PDF Downloaded : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wina Yunida M Siregar, Ridhalul Ikhsan, Maulana Ikhsan, Rahmia Dewi, Zurratul Muna, Noviana Zara, Maulina Debbyousha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.