Upaya Pengelolaan Skabies pada Anak 3 Tahun dengan Pendekatan Pelayanan Dokter Keluarga

Della Vega Nisha Ayuna, Muhammad Khalilul Akbar, Maulana Ikhsan, Noviana Zara, Rahmia Dewi, Zurratul Muna, Maulina Debbyousha

Abstract


Pasien An. S dibawa oleh orangtuanya datang ke Poli Anak Puskesmas Lhoksukon dengan keluhan gatal di seluruh tubuh sejak 1 bulan terakhir. Keluhan terutama di daerah sela-sela jari tangan, jari kaki serta di daerah selangkangan. Ibu Pasien menyampaikan anaknya mengeluh gatal yang dirasakan memberat saat dimalam hari. Ibu pasien mengatakan keluhan ini pertama kali muncul saat anak pertamanya pulang dari dayah saat libur sekolah. 2 minggu yang lalu pasien membawa anak pertamanya berobat ke puskesmas dengan keluhan yang sama sebelum ia balik ke Dayah (Pesantren). Saat ini pasien baru saja membawa An. S untuk berobat dengan keluhan yang juga sama. Hasil pemeriksaaan didapatkan HR : 87 x/i, RR : 18 x/i, Suhu: 36,5C. Data primer diperoleh melalui alloanamnesa dan pemeriksaan fisik dengan melakukan kunjungan rumah, mengisi family folder, dan mengisi berkas pasien. Penilaian dilakukan berdasarkan diagnosis holistik awal, proses, dan akhir kunjungan secara kuantitatif dan kualitatif. Intervensi yang dilakukan diantaranya adalah edukasi tentang penyebab skabies kepada keluarganya, edukasi sanitasi lingkungan dan kebersihan serta tatalaksana penyakit tersebut serta menjelaskan komplikasi yang mungkin timbul dari penyakit pasien agar pasien keluarga pasien lebih menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan.


Keywords


Skabies, sanitasi lingkungan, family folder

Full Text:

PDF

References


Mutiara H, Syailindra F. Skabies. Majority. 2016;5(2):37–42.

Cordoro K., Iston D. Scabies. emedicine World Med Libr. 2018;

Audhah N, Umniyati S, Siswati A. Scabies Risk Factor on Students of Islamic Boarding School (Study at Darul Hijrah Islamic Boarding School, Cindai Alus Village, Martapura Subdistrict, Banjar District, South kalimantan). J Buski. 2019;1(4):14–22.

Aminah P, Sibero H, Ratna M. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kejadian Skabies. J Major. 2017;5(4):54–9.

Parman, Hamdani, Rachman I, Pratama A. Faktor Risiko Hygiene Perorangan Santri terhadap Kejadian Penyakit Kulit Skabies di Pesantren Albaqiyatushshalihat Tanjung Jabut Barat Tahun 2017. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2017;17(3):243–52.

Setyaningrum YI. Skabies Penyakit Kulit yang Terabaikan: Prevalensi, Tantangan dan Pendidikan sebagai Solusi Pencegahan. In: Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. Surakarta: J UNS; 2018.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v2i4.9980

Article Metrics

 Abstract Views : 92 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Della Vega Nisha Ayuna, Muhammad Khalilul Akbar, Maulana Ikhsan, Noviana Zara, Rahmia Dewi, Zurratul Muna, Maulina Debbyousha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.