Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Kelor (Moringa Oleifera L.) terhadap Kualitas Spermatozoa Mencit (Mus Musculus) yang Terpapar Asap Rokok

Zubir Zubir, Khairunnisa Khairunnisa, Ahmad Roqyal Ain

Abstract


Rokok merupakan suatu produk tembakau yang menghasilkan asap dengan cara dibakar, dihisap dan dihirup. Penggunaan rokok meningkatkan resiko pada penyakit saluran pernapasan dan berdampak pada organ tubuh lainnya seperti menurunkan kualitas spermatozoa karena efek terjadinya stress oksidatif. Daun kelor (Moringa Oleifera L) merupakan tanaman yang kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas atau spesies oksigen reaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun kelor terhadap kualitas spermatozoa mencit yang dipapari asap rokok. Penelitian menggunakan desain eksperimental laboratorium dengan pendekatan post test only control group design, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 ekor mencit jantan yang dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kontrol negatif tanpa perlakuan, kontrol positif di beri paparan asap rokok tanpa ekstrak daun kelor, dan kelompok perlakuan I,II,III dengan paparan asap rokok dan ekstrak daun kelor dengan dosis 0.325 mg/kgBB, 0.65 mg/kgBB, 1.3 mg/kgBB. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan bermakna pada rerata morfologi normal spermatozoa antara kelompok kontrol negatif dan kontrol positif serta kelompok perlakuan I, II, III, dengan nilai p= 0,000 serta terdapat perbedaan bermakna pada rerata motilitas normal spermatozoa antara kelompok kontrol negatif dan kontrol positif serta kelompok perlakuan I, II, III dengan nilai p=0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah ekstrak daun kelor dosis 0.325 mg/kgBB kelompok I mempunyai kualitas spermatozoa  yang tidak berbeda nyata dengan kontrol negatif di lihat dari segi morfologi dan motilitas.


Keywords


Rokok, ekstrak daun kelor, kualitas spermatozoa

Full Text:

PDF

References


Green AR and CR, Salem W. Toxic Chemicals in Cigarette Mainstream Smoke. Beutrage zur Tab Int to Tob Res. 2002;20(8):9–37.

Dewi F. Studi tentang Pengaruh Paparan Asap Rokok dengan Biofilter Berbahan Cengkeh (Syzigium Aromaticum) dan Daun Kelor (Moringa Oleifera L.) terhadap Kadar Mda (Malondialdehide) dan Kualitas Spermatozoa Mencit (Mus Musculus). Fak Sains dan Teknol UIN Maulana Malik Ibrahim. 2016;1–108.

Paunno M, Emillia O, Wahab A. Pengaruh Ibu Hamil Perokok Pasif terhadap Kejadian Lahir Mati di Kota Ambon. J Kesehat Reproduksi. 2015;2(3):127–38.

Yuhendi P. Pengaruh Rokok terhadap Jumlah Sel Spermatozoa Mencit Jantan (Mus Musculus, Strain Jepang). J Sainstek. 2014;VI(1):30–42.

Mostafa T. Cigarette Smoking and Male Infertility. J Adv Res [Internet]. 2010;1(3):179–186.

Hariyatmi. Kemampuan Vitamin E sebagai Anti Oksidan terhadap Radikal Bebas Pada Lanjut Usia. MIPA. 2004 : 14(1): 52-60.

Elbalat, Subha Elsayed. Ameliorative Role of Moringa Oleifera Plant Extract Against Zinc Oxide Nanoparticles Induced Sperm and Sex Hormones Abnormalities in Male Albino Rats. Thailand: 5th Internatonal Conference on Food, Agricultural and Biological Sciences. 2016: Hal 1-5.

Dafaalla, Manhal dk. Effect of Ethanol Extract of Moringa Oleifera Seeds on Fertility Hormone and Sperm Quality of Male Albino Rats. India: International Journal of Multidisciplinary Research and Development. 2017. Vol. 4(4): 1-4.

Bachtiar, Denny. Uji Aktifitas Antifertilitas Ekstrak Etanol 90% Daun Kelor (Moringa oleifera Lam.) pada Tikus Jantan Galur Sprague-Dawley secara In-Vivo. Jakarta: Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2016.

Intani, Yuniar. Pengaruh Timbal (Pb) pada Ujara Jalan Tol terhadap Gambaran Mikroskopis Testis dan Kadar Timbal (Pb) dalam Darah Mencit Balb/ Jantan. Laporan Akhir Karya Tulis Ilmiah. Semarang :Universitas Diponegoro. 2010.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v2i1.9325

Article Metrics

 Abstract Views : 357 times
 PDF Downloaded : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zubir, Khairunnisa, Ahmad Roqyal Ain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.