Analisis Faktor Resiko Kontaminasi Entamoeba Histolytica pada Air Sumur Masayarakat Desa Ujong Blang Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe

Syifa Albi Nasution, Rizka Sofia, Zubir Zubir

Abstract


Entamoeba histolytica adalah penyebab kematian nomor dua tertinggi yang disebabkan oleh parasit pada manusia setelah malaria. Sumber infeksi Entamoeba histolytica adalah dari air minum atau makanan terkontaminasi dengan kotoran yang mengandung kista Entamoeba histolytica. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan (DinKes) Kabupaten Lhokseumawe tentang penduduk dengan akses jamban sehat pada bulan November 2020 bahwa di Kelurahan Ujong Blang terdapat 47 dari 1022 keluarga yang masih buang air besar sembarangan (BABS), dan 601 dari 1022 keluarga yang memiliki jamban sehat permanen (JSP), hal ini menjadi salah satu faktor tercemarnya air oleh feses yang terkontaminasi kista Entamoeba histolytica.  Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karateristik air sumur di Desa Ujong Blang, kontaminasi Entamoeba histolytica serta hubungannya dengan pH air, suhu air dan jarak sumur ke septic tank. Penelitian non-eksperimental ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 57 sumur yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Sampel air sumur dan data karakteristik air diperoleh dengan melakukan observasi langsung ke dusun dusun di Desa Ujong Blang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik air sumur memiliki pH <8, suhu <32 ˚C, jarak sumur ke septic tank mayoritas <10 m dan tidak didapatkan kontaminasi kista Entamoeba histolytica pada seluruh sampel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hubungan antara faktor resiko dengan kontaminasi Entamoeba histolytica tidak dapat ditentukan karena data pada penelitian ini bersifat konstan.


Keywords


Amebiasis, Entamoeba histolytica, sumur gali

Full Text:

PDF

References


Muliani N, Salim HM. Review Article: Amebiasis Molecular Pathogenesis Development. Med Heal Sci J. 2019;3(2):6.

Trasia RF. Pengaruh Lingkungan Terhadap Transmisi Infeksi Protozoa. J EnviScience. 2021;5(2):55–60.

Widiastuty L, Ekasari R, Syahrir S, Adnan Y. Sumber dan Kondisi Fisik Air Bersih dengan Kejadian Diare di Wilayah Kerja Puskesmas X Kabupaten Pinrang. Hig J Kesehat Lingkung. 2018;6(3):137–41.

Dinas Kesehatan Lhokseumawe. KK Dengan Akses Terhadap Fasilitas Sanitasi Yang Layak (Jamban Sehat) Menurut Kecamatan, Dan Puskesmas Kabupaten/Kota Lhokseumawe 2022. 2022.

Billa FI, Erma S, Krismashogi DD. Alisis Faktor yang Mempengaruhi Kontaminasi Kista Entamoeba sp. dan Telur Soil Transmitted Helminths pada Air Sumur Gali. J Agromedicine Med Sci. 2021;7(2):90.

Ministry of Health of Republic Indonesia. Indonesia Health Profile 2020. Profil Kesehatan Provinsi Bali. 2020.

Sapulete MR. Hubungan Antara Jarak Septic Tank Ke Sumur Gali Dan Kandungan Escherichia Coli Dalam Air Sumur Gali Di Kelurahan Tuminting Kecamatan Tuminting Kota Manado. J Biomedik. 2013;2(3):179–86.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Perumahan dan permukiman perdesaan sumur gali. 2016;

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum. Peratur Menteri Kesehat Republik Indones. 2017;1–20.

Sierra-López F, Baylón-Pacheco L, Espíritu-Gordillo P, Lagunes-Guillén A, Chávez-Munguía B, Rosales-Encina JL. Influence of micropatterned grill lines on Entamoeba histolytica trophozoites morphology and migration. Front Cell Infect Microbiol. 2018;8(AUG).

Dahyuniar. Hubungan Antara Sanitasi Dengan Kejadian Diare Di Wilayah Rawan Banjir Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Skripsi, Univ Hasanuddin Makassar. 2018;109.

Ernyasih. Hubungan Iklim (Suhu Udara, Curah Hujan, Kelembaban Dan Kecepatan Angin) Dengan Kasus Diare Di Dki Jakarta Tahun 2007 – 2011. Thesis. 2012;40–5.

Esti T, Irul H. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kesehatan [Internet]. Eko Teguh Pribadi, editor. Surabaya: Program Studi Arsitektur UIN Sunan Ampel; 2017.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v2i5.11037

Article Metrics

 Abstract Views : 432 times
 PDF Downloaded : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syifa Albi Nasution, Rizka Sofia, Zubir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.