Upaya Pengelolaan Skabies dengan Pendekatan Pelayanan Kedokteran Keluarga pada Anak Usia 9 Tahun

Hendra Wahyuni, Noviana Zara, Anita Syafridah, Cut Ita Zahara, Isra Namira

Abstract


Tingginya prevalensi skabies dapat disebabkan oleh kemiskinan, rendahnya tingkat pendidikan, higienitas yang buruk, ketersediaan air bersih serta kepadatan penghuni rumah. Skabies di Indonesia menduduki urutan ke tiga dari dua belas penyakit kulit tersering. Pasien An. P usia 9 tahun dengan jenis kelamin perempuan, mengeluhkan gatal pada sela jari tangan yang dirasakan sejak dua bulan yang lalu, dan memberat dalam 2 hari ini. Namun pasien masih memiliki derajat fungsional 1 dalam melakukan aktivitas sehari–hari. Faktor internal pada pasien yaitu higienitas pribadi yang buruk seperti handuk diunakan bersama dan tidur bersama dengan anggota keluarga yang lain. Faktor eksternal pada pasien yaitu lingkungan rumah yang tidak bersih, rendahnya pengetahuan pasien dan keluarga mengenai penyakit skabies. Upaya penatalaksanaan secara holistik dan komprehensif menggunakan pendekatan kedokteran keluarga berupa edukasi mengenai penyebab, penularan, pengobatan serta pencegahan penyakit. Penyakit skabies sulit diberantas bila tidak disertai dengan perubahan pola hidup bersih dan sehat

Keywords


Kedokteran keluarga, komprehensif, skabies

Full Text:

PDF

References


Mutiara H, Syailindra F. Skabies. Majority. 2016;5(2):37–42.

Cordoro K., Iston D. Scabies. emedicine World Med Libr. 2012;

Audhah N, Umniyati S, Siswati A. Scabies Risk Factor on Students of Islamic Boarding School (Study at Darul Hijrah Islamic Boarding School, Cindai Alus Village, Martapura Subdistrict, Banjar District, South kalimantan). J Buski. 2012;1(4):14–22.

Aminah P, Sibero H, Ratna M. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kejadian Skabies. J Major. 2015;5(4):54–9.

Parman, Hamdani, Rachman I, Pratama A. Faktor Risiko Hygiene Perorangan Santri terhadap Kejadian Penyakit Kulit Skabies di Pesantren Albaqiyatushshalihat Tanjung Jabut Barat Tahun 2017. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2017;17(3):243–52.

Setyaningrum YI. Skabies Penyakit Kulit yang Terabaikan: Prevalensi, Tantangan dan Pendidikan sebagai Solusi Pencegahan. In: Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. Surakarta: J UNS; 2013.

Sungkar S. Skabies: Etiologi, Patogenesis, Pengobatan, Pemberantasan, dan Pencegahan. Jakarta: Badan Penerbit FK UI; 2016.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v2i3.10023

Article Metrics

 Abstract Views : 90 times
 PDF Downloaded : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hendra Wahyuni, Noviana Zara, Anita Syafridah, Cut Ita Zahara, Isra Namira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.