ANALISIS PENEMPATAN RECLOSER GUNA MEMAKSIMALKAN KINERJA SISTEM TENAGA LISTRIK DI JARINGAN DISTRIBUSI 20 kV PADA PT. PLN (Persero) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) SIGLI

Badriana Badriana, Jordan Jordan, Salahuddin Salahuddin, Selamat Meliala, Kartika Kartika

Abstract


Sistem distribusi merupakan bagian yang penting dalam kegiatan penyaluran energi listrik karena langsung terhubung dengan beban. Sistem distribusi ini berguna untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber daya listrik besar (bulk power source) sampai ke konsumen. Oleh karena itu, sistem distribusi selalu dituntut untuk memiliki keandalan yang baik. Semakin sering suatu jaringan distribusi mengalami gangguan maka kontinuitas penyaluran energi listrik juga akan semakin buruk. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan peralatan proteksi yang dapat mengatasi gangguan diantaranya Recloser. Recloser adalah suatu peralatan proteksi yang berfungsi untuk meminimalisir daerah yang terkena dampak gangguan. Untuk menguji formulasi yang diusulkan dalam Penelitian dilakukan pada sistem jaringan distribusi 20 kV di P.T PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sigli pada penyulang P. Seulawah (SK9). Untuk penempatan recloser dapat di ambil dari hasil nilai FITNESS terbesar atau dari nilai SAIFI dan SAIDI yang terkecil. Penempatan recloser yang paling optimal pada penyulang P. Seulawah yaitu pada trafo 2 yang di ambil dari nilai FITNESS terbesar yaitu sebesar 1612,903 dan SAIFI sebesar 0,0032, nilai SAIDI sebesar 0,1968. Untuk mendapatkan nilai indeks keandalan pada penyulang P. Seulawah dapat dihitung dengan cara membagi nilai dari laju kegagalan atau padam dengan jumlah pelanggan.

Keywords


recloser; SAIDI; SAIFI; FITNESS

Full Text:

PDF

References


D. Y. S. Syahru Ramadhan Indra, “Kajian Penempatan Recloser pada Jaringan Distribusi Menggunakan Metode Algoritma Genetika Berdasarkan Keandalan Maksimum,” Jom Fteknik,Teknik Elektro Univ. Riau,Pekanbaru.,vol.3,no.1,pp.1–6,2016..

Maslim Bahri. “Analisa Penempatan Recloser dan Fuse Cut Out Terhadap Keandalan Sistem Tenaga Listrik di Jaringan Distribusi di PT. PLN (Persero) Rayon Rimo”. Tugas Akhir, Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2018.

M. R. Sanaky, A. K. S. Distribusi, and B. M. S. Technique, “Peningkatan Indeks Keandalan dengan Penambahan Recloser pada Sistem Distribusi di PLTD Subaim Menggunakan Metode Section Technique,” ISSN 2597-7881,Magnetika,Institut Teknol. Nas. Malang, vol. 01, no. September, 2017..

Heri Rifalma. “Penggunaan Recloser Pada Jaringan Distribusi 20 KV Pada PT. PLN (Persero) Area Pengatur Distribusi Aceh”. Tugas Akhir,Progr. Stud. Tek. Listrik Univ Syiah Kuala, 2018.

Ario Putra. Firdaus. “Analisa Penggunaan Recloser Untuk Pengaman Arus Lebih Pada Jaringan Distribusi 20 kv Gardu Induk Garuda Sakti”. Jom FTEKNIK Volume 4 No.1 Februari 2017.

Buku petunjuk batasan operasi dan pemeliharaan peralatan penyaluran tenaga listrik SKDIR 114.K/DIR/2010 Proteksi dan kontrol penghantar No.Dokumen: 15-22/HARLUL-PST/2009.

Thoriq Aziz Al Qoyyimi, Dkk. “Penentuan Lokasi Gangguan Hubung Singkat pada Jaringan Distribusi 20 kV Penyulang Tegalsari Surabaya dengan Metode Impedansi Berbasis GIS (Geographic Information System), Jurnal Teknik ITS Vol.6, No. 1, ISSN: 2337-3359. 2017.

https://novikaginanto.wordpress.com/2012/03/24/etap-electric-transient-analysis-program/.

Abraham Silaban. “Studi tentang penggunaan pada recloser pada system jaringan distribusi 20 kV”. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.2009.

http://www.academia.edu/4075161/materi_13_analisis_gangguan_padajaringan_distribusi. Diakses tanggal 15 April 2014.




DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v10i1.4984

Article Metrics

 Abstract Views : 584 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Badriana Badriana, Jordan Jordan, Salahuddin Salahuddin, Selamat Meliala, Kartika Kartika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats