Audit Energi dan Analisis Penghematan Energi pada Sistem Peralatan Listrik di Gedung Teknik Elektro Universitas Malikussaleh

Irma Yulhana, Raihan Putri, Ezwarsyah Ezwarsyah

Abstract


Audit energi adalah kegiatan penelitian pemanfaatan energi untuk mengetahui keseimbangan energi dan mengidentifikasi peluang-peluang penghematan energi. Penghematan penggunaan energi memiliki keuntungan bagi seluruh konsumen diantaranya bisa mengurangi jumlah tagihan listrik sehingga menjadi lebih ekonomis. Pada penelitian ini audit energi di lakukan pada Gedung Teknik Elektro. Kegiatan audit energi yang dilakukan selama penelitian yaitu mengumpulkan data luas bangunan gedung,data tagihan listrik selama satu tahun,melakukan pengukuran beban pada panel,menganalisa kurva beban,melakukan pengukuran iluminasi dan temperature ruangan dan menghitung nilai Intensitas Konsumsi Energi pada setiap ruangan gedung untuk mengetahui rekomendasi peluang hemat energi. Setelah melakukan penelitian audit energi gedung diketahui bahwa pada Gedung Teknik Elektro nilai IKE nya sebesar 122,61kWh tahun. Kurva beban menunjukkan pola pemakaian energi listrik yang serupa pada hari Senin sampai dengan Jumat serta pola yang berbeda untuk hari Sabtu dan Minggu. Tercatat beban puncak dalam rentang waktu tersebut terjadi pada hari rabu sebesar 27.99 kW pada pukul 14.00 Dari hasil perhitungan Intensitas Konsumsi Energi pada Gedung Teknik Elektro hasil IKE yang didapat dinyatakan sudah sangat efisien mencapai standar IKE yang ditetapkan. Standar IKE pada gedung perkantoran yaitu sebesar 240 kWh tahun.


References


Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2006. Pedoman Pelaksanaan Konservasi Energi dan Pengawasan Di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

SNI. 2011. Konservasi Energi Sistem Tata Udara Bangunan Gedung. Jakarta.

SNI. 2011. Konservasi Energi Sistem Pencahayaan. Jakarta.

Daeng Supriyadi Pasisarha 2012 “Evaluasi IKE Listrik Melalui Audit Awal Energi Listrik di Kampus Polines”

Solichan, A. (2010, January). Audit dan Konservasi Energi Sebagai Upaya Pengoptimalan Pemakaian Energi Listrik di Kampus Kasipah UNIMUS. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 3, No. 1).

Pasisarha, Daeng Supriyadi. Evaluasi IKE Listrik Melalui Audit Awal Energi Listrik di Kampus Polines. JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan), 2016, 1.1.

Untoro, Jati. "Audit Energi dan Analisis Penghematan Konsumsi Energi pada Sistem Peralatan Listrik di Gedung Pelayanan Unila." Electrician 8.2 (2014): 93-104.




DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v12i1.4311

Article Metrics

 Abstract Views : 175 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irma Yulhana, Raihan Putri, Ezwarsyah Ezwarsyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats