Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Penyimpanan Gabah untuk Menjaga Kualitas Beras Berbasis Internet of Things (IoT)

Muhammad Reza, Andik Bintoro, Raihan Putri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Penyimpanan Gabah untuk Menjaga Kualitas Beras Berbasis Internet of Things (IoT) dengan modul sensor DHT22 dan relay SSR untuk pengendalian otomatis menggunakan jaringan internet dengan teknologi Internet of Things (IoT). Sistem ini berguna agar gabah beras terproduksi dengan baik dan mempunyai nilai mutu yaitu dengan menjaga kondisi suhu dan kelembaban ruangan agar gabah padi mendapatkan hasil mutu yang berstandart SNI dan terhindar dari hama kumbang,kutu dan lainnya. Sistem monitoring ini dibangun dengan menggunakan modul mikrokontroler NodeMCU ESP8266 yang dapat dimonitor dari jarak jauh menggunakan internet. Data suhu dan kelembaban yang diambil dari sensor tipe DHT22 dikumpulkan pada mikrokontroler yang kemudian dikirim ke internet secara nirkabel. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data suhu dan kelembaban dapat terbaca secara real time dan status relay SSR dapat dikontrol menggunakan IoT dengan platform Blynk yang juga dapat diakses menggunakan smartphone.Mampu memonitoring nilai suhu dan kelembababn pada gudang penyimpanan serta dapat mengontrol SSR untuk mematikan dan menghidupkan elemen pemanas dari jarak jauh menggunakan jaringan internet.


Keywords


Smartphone, DHT22, SSR, NodeMCU, IoT

References


N. Esp, “Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Penyimpanan Gabah Beras untuk Menghasilan Beras Giling Berkualitas Berbasis Internet of Things ( IoT ) ABSTRAK.”

C. Study, W. N. Tenggara, S. Nugraha, R. Thahir, and S. Lubis, “ANALISIS MODEL PENGOLAHAN PADI ( Studi Kasus di Kabupaten Lombok Timur , NTB ) ( Analysis of Rice Processing Models ),” vol. V, no. 1, 2007.

T. Millati, Y. Pranoto, N. Bintoro, and T. Utami, “Pengaruh Suhu Penyimpanan pada Gabah Basah yang Baru Dipanen terhadap Perubahan Mutu Fisik Beras Giling,” Agritech, vol. 37, no. 4, p. 477, 2018, doi: 10.22146/agritech.12015.

A. R. Agusta, J. Siwalankerto, S. Jln, S. Surabaya, and J. Siwalankerto, “Implementasi Internet of Things Untuk Menjaga Kelembaban Udara Pada Budidaya Jamur.”

K. Y. Triastuti, M. P. Indrayati, A. Said, and B. S. Permana, “APLIKASI PEMANTAU SUHU MESIN PENETAS TELUR,” no. September, pp. 686–692, 2018.

A. R. Mido and E. I. Sela, “Rancang bangun mesin otomatis penetas telur berbasis nodemcu dan android,” J. TeknoSAINS FTIE, UTY, vol. 12, pp. 1–12, 2018.

J. S. Saputra et al., “PROTOTYPE SISTEM MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN PADA KANDANG AYAM BROILER BERBASIS,” vol. 7, no. 1, 2020.

M. Saleh and M. Haryanti, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Relay,” J. Teknol. Elektro , Univ. Mercu Buana Muhamad Saleh Progr. Stud. Tek. Elektro Univ. Suryadarma , Jakarta Progr. Stud. Tek. Elektro ISSN 2086 ‐ 9479, vol. 8, no. 3, pp. 181–186, 2017.




DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v10i1.4309

Article Metrics

 Abstract Views : 888 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Reza, Andik Bintoro, Raihan Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats