Rancang Bangun Keran Air Wudhu Otomatis Berbasis Arduino

Jamali Azizi, Salahuddin Salahuddin, Badriana Badriana, Fidyatun Nisa, Nanda Sitti Nurfebruary

Abstract


Air adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup, selain untuk dikonsumsi, air juga berperan penting bagi kelangsungan makhluk hidup, bukan hanya untuk kebutuhan tumbuh-tumbuhan seperti perkebunan ataupun peternakan, salah satunya digunakan untuk kegiatan beribadah, khususnya umat Islam. penggunaan air ketika berwudhu seringkali terjadi pemborosan air, oleh karena itu penulis ingin merancang dan membuat sebuah alat yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mempunyai nilai guna seperti: “rancang bangun kran air wudhu otomatis berbasis Arduino” yang bertujuan untuk meminimalisir pemborosan air dimeunasah maupun masjid. metode yang digunakan yaitu menggunakan gerak gelombang ultrasonik, seperti sensor proximity, yang berfungsi mendeteksi pergerakan manusia dengan jarak yang telah disetting pada program sesuai dengan kebutuhan jarak objek yang diperlukan, kemudian mengaktifkan keran/valve guna membuka maupun menutup keran air sehingga air dapat mengalir keluar dan dapat digunakan untuk berwudhu.

Keywords


Otomatis, Arduino, wudhu, Sensor proximity.

References


Malvino, Paul Albert, 2000, Prinsip-prinsip elektronika. Edisi kedua. Jakarta Erlangga.

Jazi Eko Istiyanto 2014. “Pengantar Elektronika&Instrumentasi Pendekatan Project Arduino&Android”Jakarta: Elex Media Komputindo.

M. Nasir Sonni, 2000 “Perancangan Dan Implementasi Relay”, Jakarta: Elex Media Koputindo hal 53.

Rocky Triady, Dedi Triyanto, Ilhamsyah. 2015. ’Prototipe Sistem Air Otomatis Berbasis Sensor Flowmeter Pada gedung Bertingkat’

Sri Agustina, 2000. “Analisa Motor Dc”, Edisi pertama, Jakarta Erlangga.

Eka, D, Adian, F.R, dan Kurniawan, T.M, 2015.‘Sistem Pengendali Peralatan Elektronik Dalam Rumah Tangga Secara Otomatis Menggunakan Sensor Proximity, Sensor LM35, Dan Sensor LDR’, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.3, hh. 405- 411.

Jacquline, W, Lazarus, D.I, dan Calvin, A.P, 2017. ‘Implementasi Sensor Proximity sebagai Pendeteksi Jarak untuk Sistem Keamanan Rumah menggunakan Platform IoT’, Cogiito Smart Journal, Vol.3, No.2, hh 152-163.

Hulukati Ardiansyah Stephan, 2018 “Rancang Bangun Alat Wudhu Otomatis Berbasis Arduino Di Mesjid A- Ichsan Gorontalo”, Fakultas teknik, Teknik Elektro Universitas Ichsan Gorontalo.




DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v11i2.3674

Article Metrics

 Abstract Views : 137 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jamali Azizi, Salahuddin Salahuddin, Badriana Badriana, Fidyatun Nisa, Nanda Sitti Nurfebruary

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats