SISTEM ANTISIPASI AIR PASANG DAN AIR SURUT PADA KOLAM IKAN MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIC BERBASIS ARDUINO UNO

Hari Pratama Barus, Asran Asran, Andik Bintoro

Abstract


Permasalahan air pasang dan air surut dikalangan masyarakat dan para peternak ikan dikolam sudah sering terjadi di Indonesia. Faktor penyebab terjadinya air pasang dan air surut pada kolam ialah salah satunya faktor gejala alam, contohnya jikalau air pasang yang berlebihan terjadi karena curah hujan yang tinggi dan jikalau air surut dikarenakan musim kemarau. Dalam penelitian ini arduino uno berfungsi sebagai mikrokontroler, sensor ultrasonic hc-sr04 menjadi sensor utama, dan pompa air sebagai alat untuk mengalirkan air kolam pada alat antisipasi banjir. Untuk kondisi air pasang ketinggian air yang didapat untuk membuang air setinggi 2 cm - 9 cm pompa membutuhkan waktu selama 40 detik, 20 secon untuk membuang air dari dalam wadah dengan jumlah volume air sebanyak 2,6 liter dan status pompa yang bekerja untuk membuang ialah pompa pasang (pompa 2). Untuk kondisi air normal, pengujian dilakukan secara manual akibat tidak ada pompa yang hidup (bekerja) dikarenakan kondisi air dalam keadaan normal. Tetapi dalam kondisi tersebut, sensor ultrasonic tetap bekerja mendeteksi ketinggian air. Untuk kategori air surut dimulai dari 30 cm hingga 20 cm, pompa air membutuhkan waktu selama 50 detik, 08 second untuk dapat mengisi air hingga kebatas normal dengan hasil sebanyak 3,25 mililiter air.

Keywords


ARDUINO, SENSOR ULTRASONIC, POMPA AIR, AIR PASANG, AIR SURUT

References


S. Juwita and Windarto, “RANCANGAN SISTEM INFORMASI PERINGATAN DINI BENCANA BANJIR,” PROSEDING Seminar. Nasional. MULTI DISIPLIN ILMU CALL PAPPERS UNISBANK KE-3, vol. 1, no. 1, pp. 123–129, 2017.

H. Apriyanto, “Rancang Bangun Pintu Air Otomatis Menggunakan Water Level Float Switch Berbasis Mikrokontroler,” 2015. Available: heki_apriyant0@yahoo.com.

A. Andrianto, Heri .Darmawan, ARDUINO BELAJAR CEPAT DAN PEMROGRAMAN, Cetakan Pertama. Bandung: Informatika, 2015.

I. Arifin, “Automatic Water Level Control Berbasis Mikrocontroller Dengan Sensor,” UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 2015.

A. Kadir Jailani, “RANCANGAN BANGUN ALAT PENGAMAN SEPEDA MOTOR BERBASIS ARDUINO DAN INTERNET OF THINGS (IOT),” Universitas Malikussaleh, LHOKSEUMAWE, 2019.

A. Amin, “MONITORING WATER LEVEL CONTROL BERBASIS ARDUINO UNO MENGGUNAKAN LCD LM016L,” J. Ilm. Tek. Elektro, vol. 1, no. 2, pp. 41–52, 2018.




DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v10i2.1908

Article Metrics

 Abstract Views : 214 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hari Pratama Barus, Asran Asran, Andik Bintoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats