RANCANG BANGUN PENGUKURAN NILAI PH PADA CAIRAN ASAM TINGGI BERBASIS MIKROKONTROLER

Diky Amar Pratama, Salahuddin Salahuddin

Abstract


Perkembangan teknologi sangat memudahkan pekerjaan manusia terutama pada bidang penelitian untuk pengecekan pH cairan asam tinggi, dengan adanya alat ini dapat memudahkan manusia dalam pengecekan pH dan mengurangi dampak resiko dalam pemaparan cairan asam tinggi. Alat ini digerakkan dengan menggunkan dua buah motor sebagai penggerak, sensor pH berfungsi sebagai alat pengukur pada cairan asam yang telah berada pada wadah yang tersedia. Alat ini diprogram menggunakan Bahasa C++ dengan menggunakan modul ESP32 sebagai kontroler dan akan mengirimkan data kepada aplikasi blynk. Dari hasil pengukuran terhadap cairan asam cuka, H2SO4, HNO3, dan HCL, Setelah itu dimana terdapat cairan asam yang sangat tinggi dengan nilai pH 1 yaitu cairan asam HCL. Dari data yang telah dihasilkan dapat disimpulkan bahwa pengukuran dengan menggunakan alat secara otomatis ini memiliki tingkat keakuratan yang sangat sesuai dengan pengukuran secara manual dengan menggunakan kertas lakmus, namun mecanical pada alat ini tidak sepenuhnya berjalan dengan bagus, hal ini dapat diperbaiki dengan mekanikal yang lebih baik kedepanya.


References


Rahmanto, Yuri, et al. "Sistem Monitoring pH Air Pada Aquaponik Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO." Jurnal Teknologi Dan Sistem Tertanam 1.1 (2020): 23-

Megawati, Dini, Kholidiyah Masykuroh, and Danny Kurnianto. "Rancang bangun sistem monitoring pH dan suhu air pada akuaponik berbasis internet of thing (IoT)." TELKA-Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol 6.2 (2020): 124-137.

Tadeus, Dista Yoel, Khasnan Azazi, and Didik Ariwibowo. "Model sistem monitoring ph dan kekeruhan pada akuarium air tawar berbasis internet of things." Metana 15.2 (2019): 49-56.

Efendi, Yoyon. "Internet of Things (IOT) sistem pengendalian lampu menggunakan Raspberry PI berbasis mobile." Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar 4.2 (2018): 21-27.

Setiadi, David, and Muhamad Nurdin Abdul Muhaemin. "Penerapan Internet Of Things (IoT) Pada Sistem Monitoring Irigasi (Smart Irigasi)." Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika 3.2 (2018): 95-102.

Rachman, Fathur Zaini. "Smart home berbasis IOT." Prosiding Snitt Poltekba 2.1 (2017): 369-374.

WP, Purma Nailu Safiroh, Gigih Forda Nama, and M. Komarudin. "Sistem Pengendalian Kadar pH dan Penyiraman Tanaman Hidroponik Model Wick System." Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan 10.1 (2022).

Adrian, April, Prahenusa Wahyu Ciptadi, and R. Hafid Hardyanto. "Sistem Monitoring Serta Kontrol Suhu dan pH pada Smart Aquarium menggunakan Teknologi Internet of Things." Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika. Vol. 5. No. 1. 2021.

Adrian, April, Prahenusa Wahyu Ciptadi, and R. Hafid Hardyanto. "Sistem Monitoring Serta Kontrol Suhu dan pH pada Smart Aquarium menggunakan Teknologi Internet of Things." Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika. Vol. 5. No. 1. 2021.

Ardiansyah, brian artha. Perancangan prototipe sistem pengontrol kecepatan udara berbasis mikrokontrol arduino uno untuk aplikasi pada lemari asam. Diss. Universitas negeri jakarta, 2016.

Ardiansyah, brian artha. Perancangan prototipe sistem pengontrol kecepatan udara berbasis mikrokontrol arduino uno untuk aplikasi pada lemari asam. Diss. Universitas negeri jakarta, 2016




DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v12i2.13497

Article Metrics

 Abstract Views : 70 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diky Amar Pratama, Salahuddin Salahuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats