DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN LOCKER MENGGUNAKAN E-KTP BERBASIS ARDUINO PRO MINI

Rizky Muhammad Syafii, Muhammad Ikhwanus, Misbahul Jannah

Abstract


Pengamanan akses pribadi seperti yang diterapakan dalam penguncian locker umumnya hanya menerapkan sistem pengamanan manual mudah membobolnya. Sehingga dengan berkembangnya ilmu teknologi, dibuatlah sistem pengamanan akses pribadi yang menggunakan sistem elektronik dan lebih otomatis dengan tingkat kemanan lebih terjamin. Salah satu teknologi  yang  membantu perancangan sistem keamanan locker yang modren dan efisien adalah teknologi RFID (Radio Frequency Identification). RFID merupakan teknologi sistem pengindentifikasian suatu objek secara  otomatis  dengan cara  mentransmisikan dan menerima data yang memanfaatkan dari frekuensi radio. Data yang ditransmisikan berupa kode informasi yang unik dan tidak bisa diduplikat sehingga lebih aman pengunaannya untuk locker. Secara ringkas, ada tiga komponen utama sistem RFID agar dapat bekerja mengidentifikasi suatu objek, yaitu tag RFID, Reader RFID dan Arduino Pro Mini sebagai pengendali sistem RFID. Hasil pengujian sistem ini mampu merekam lebih dari 2 pengguna locker yaitu sebanyak 15 pengguna locker dengan jarak baca efektif untuk tag jenis key chain dengan tingkat keberhasilan 100% jarak bacanya ≤ 2,5 cm dan e-KTP jarak baca efektif dengan tingkat keberhasilan 100% berjarak ≤ 3,5 cm, untuk jenis tag RFID white card dengan tingkat keberhasilan 100% jarak baca ≤ 5 cm, tag white card merupakan jarak baca paling terjauh diantara e-KTP dan key chain sesuai dengan data sheet reader RFID RC522.


Full Text:

PDF

References


Eko Budi Setiawan, 2015. “Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFId).” Jurnal CoreIT, Vol.1, No.2.

Daniel Hunt, 2017. RFID A Guide To Radio Frequency Identification, John Wiley & Sons Inc, New York.

Bobi Kurniawan, 2016. “Perbaikan Sistem Parkir Kendaraan Bermotor Di Lingkungan Universitas Komputer Indonesia Dengan Menggunakan Rfid Dan Database.” Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol.12, No. 2.

Tadu Puasandi, 2014. “Sistem Akses Kontrol Kunci Elektrik Menggunakan Pembacaan E-Ktp” Studentjournal. Vol.1, No. 1.

Dedy Rahman Wijaya, 2014. “Middleware Architecture For National Electronic Id Card: The Case Of E-Ktp In Indonesia.” Journal of Theoretical and Applied Information Technology. Vol.9, No. 3.

Peraturan Menteri Dalam Negeri, Nomor : 6 Tahun 2011 Tentang Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak Dan Blangko Ktp Berbasis Nik Secara Nasional, Jakarta.

Sunfounder, 2016.”https://www.sunfounder.com/wiki/index.php?title=

Mifare_RC522_Module_RFID_Reader.” Tanggal Akses 11 Juni 2016.

Supriyono, 2010.” Penerapan Aplikasi Rfid Dibidang Perpustakaan.” JMTE,Vol.2,No.2.

Eko Saputro, 2016. “Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis Menggunakan E-Ktp Berbasis Mikrokontroler Atmega328.” Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Univeritas Sumatra Utara.

Arduino,2016. https://www.arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardProMini. Tanggal akses 5 Maret 2016.

Djoko Santoso, 2009. “Teori Dasar Rangkaian Listrik.” Lambang Media Tama, Yogakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v7i2.1058

Article Metrics

 Abstract Views : 1390 times
 PDF Downloaded : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rizky Muhammad Syafii, Muhammad Ikhwanus, Misbahul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats