STUDI AUDIT ENERGI LISTRIK PADA GEDUNG PUSKESMAS BANDA SAKTI

Said Aiyub, Yaman Yaman, Teuku Hasannudin, Muhammad Al-Azhari

Abstract


Saat ini kebutuhan energi listrik semakin meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan kemajuan teknologi serta informasi.Laju  pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk sangat terkait dengan konsumsi energi yang terus meningkat. Manajemen energi di tanah air selama ini lebih memberikan prioritas pada penyediaan energi atau perluasan akses terhadap energi kepada masyarakat yang diwujudkan dalam peningkatan eksploitasi bahan bakar fosil atau pembangunan listrik pedesaan. Tujuan ini untuk mencari peluang-peluang untuk penghematan energi dan  penghematan biaya berdasarkan kondisi aktual di lapangan. Pada bangunan dengan luas 628 m2 audit energi dilakukan menggunakan alat ukur Power Q Plus MI2392 sebagai alat untuk mengukur energi listrik dan luxmeter sebagai alat untuk mengukur kuat cahaya. Hasil audit energi menunjukkan bahwa nilai IKE pada gedung Puskesmas Banda Sakti sebesar 3.453 kWH /tahun sedangkan kWH yang sesuai dengan rekomendasi oleh SNI 03-6196-2000 sudah berada di atas standar IKE, dimana untuk gedung rumah sakit 380 kWH/m2 per tahun.


Full Text:

PDF

References


Hanif Jufri (2007), Fauzan. “Konservasi Energi Listrik Pada Industri Baja Dengan Meningkatkan Efesiensi Kualitas Daya Listrik”. Jurnal, Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia).

Muh Thoyib (2011) “audit dan redesain ulang ruang perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta” Jurnal .

Mulyadi, Yadi. 2013 (Maret).“Analisis Audit Energi untuk pencapaian efesiensi penggunaan energi di gedung FPMIPA JICA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA”.Jurnal Electrans. 1. Vol. 12 Bandung. Hal 81-82.

Prasetio, Hadi 2008.Konservasi Energi Listrik pada Industri Otomotif.“(Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Indonesia)”.

Sumardjati, Prih. Dkk. 2008.Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik. Jilid-1. Jakarta. Derektorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejujuran Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v7i2.1057

Article Metrics

 Abstract Views : 1104 times
 PDF Downloaded : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Said Aiyub, Yaman Yaman, Teuku Hasannudin, Muhammad Al-Azhari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats