PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Suriana Suriana, Dian Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 93 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode pengamatan tahun 2017 sampai dengan tahun 2019.Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Pengukuran penghindaran pajak pada penelitian ini berupa Cash Effective Tax Rate (CETR).  Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan Institusional, kepemilikan manajerial, jumlah dewan komisaris, dan jumlah dewan komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak perusahaan. Hasil diatas menandakan bahwa mekanisme corporate governance di dalam perusahaan sangat membantu dalam menekan tindakan penghindaran pajak yang dilakukan oleh manajemen.


Full Text:

PDF

References


Annisa, N.A., & Kurniasih, L. (2012). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi & Auditing, 8, 95-189.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.

Guna, W I dan Herawaty, A. (2010). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Independensi Auditor, Kualitas Audit dan Faktor Lainnya Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 12, No.1, April 2010.

Jensen, MC dan Meckling, 1976. Theory of the Firm: Managerial Behavioral, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics. Vol. 3, 305-360.


Article Metrics

 Abstract Views : 215 times
 PDF Downloaded : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Economics Management and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.