Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren

Ahmad Fauzul Hakim, Mukhlis Muhammad Nur, Ichsan Ichsan

Abstract


Penelitian ini sangat penting untuk dilakukan dikarenakan perlu dilakukan sebuah penelitian yang mendalam dengan menggabungkan kajian teoritis dan lapangan mengenai konsep-konsep ekonomi syariah dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian ekonomi pesantren. Pesantren dalam pembangunan kemandirian ekonomi memerlukan langkah-langkah yang pasti namun signifikan dimulai dari pemberdayaan santri, pengorganisasian pesantren, adanya kerja sama dengan pihak luar serta membangun uasah untuk meningkatkan potensi ekonomi. Tujuan khusus penelitian ini untuk asumsi-asumsi apa saja yang dapat digunakan dalam faktor-faktor kemandirian ekonomi dayah. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode delphi dan pendekatan penelitian perpaduan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif  yang disebut sebagai mixed methodology atau triangulation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data yang dapat dideskriptikan mengenai faktor yang dianggap efektif dalam mempengaruhi kemandirian ekonomi dayah adalah faktor membangun usaha, dikarenakan bobot nilai mencapai 100% disetiap indikator.


Keywords


Kemandirian; Ekonomi; Dayah

References


Ahmad Fauzul Hakim Hasibuan, Ichsan Abbas, Fuadi, Nazli Hasan, Mukhlis M. Nur. 2021. “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Dana Zakat Di Gampong Baloy Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe.” JIPN : Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara 1(1):45–50.

Anas, Mohammad. 2019. “Kiprah Kiai Dalam Membentuk Kemandirian Ekonomi Pesantren.” Tesis.

Andriyani, Devi, Fanny Nailufar, and Yurina Yurina. 2021. “Sustainabilitas UMKM Produk Makanan Di Kabupaten Bireuen Pada Masa Pandemi Covid-19.” Widyagama National Conference on Economics and Business 2(1):841–49.

Basit, Abdul, and dan Tika Widiastuti. 2019. “MODEL PEMBERDAYAAN DAN KEMANDIRIAN EKONOMI DI PONDOK PESANTREN MAMBA’US SHOLIHIN GRESIK.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 6(4):801–18.

Fahri, Muhammad dan H. Ahmad S. 2017. “PEMBERDAYAAN KEMANDIRIAN EKONOMI BERBASIS PESANTREN MELALUI PROGRAM SANTRIPREUNER.” Fakultas Agama Islam.

Gufronul, Abdullah. 2020. “GAYA KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MEMBANGUN.” Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam 1:30–46.

Hafidh, Zaini. 2018. “Pesantren Dan Kemandirian Perekonomian : Studi Tentang Kewirausahaan Di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis.” Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(November).

Haryanto, Rudi. 2017. “Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren Musthafawiyah Di Era Globalisasi ( Studi Kasus Pondok Pesantren Musthafawiyah ).” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan – ISSN 9(2):16–32.

Katadata.co.id. 2020. “Persebaran Pondok Pesantren Di 34 Provinsi.” Katadata.Co.Id 973.

Marzuki. 2011. “Sejarah Dan Perubahan Pesantren Di Aceh.” Millah Vol. XI, N.

Misjaya, Didin Saefuddin Bukhori, Adian Husaini, and Ulil Amri Syafri. 2019. “Konsep Pendidikan Kemandirian Ekonomi Di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo - Jawa Timur.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam Vol : 08 /.

Qomar, Mujamil. 2009. “Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi.” P. 1 in. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Syafe’i, Imam. 2017. “Pondok Pesantren :Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(I):61–82.




DOI: https://doi.org/10.29103/el-amwal.v5i2.8773

Article Metrics

 Abstract Views : 666 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Fauzul Hakim, Mukhlis Muhammad Nur, Ichsan Ichsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter