Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Produk, dan Tingkat Pendapatan Mahasiswa Muslim Terhadap Minat Menabung di BMT

Authors

  • Septiana Felia Tri Nuryanti UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Fuad Dhiya Ul Husaen UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29103/el-amwal.v7i1.14259

Keywords:

Mahasiswa Muslim, Minat Menabung, Lembaga Keuangan Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan, pengetahuan produk, dan tingkat pendapatan mahasiswa muslim terhadap minat menabung di BMT. Data penelitian didapatkan melalui survey penelitian berupa sebaran angket kuisioner terstruktur yang ditujukan kepada mahasiswa muslim yang aktif di wilayah universitas islam negeri raden mas said surakarta. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil kuisioner tersebut kemudian dilakukan pengujian data menggunakan analisis regresi linier berganda melalui platform IBM SPSS Statistic 23 untuk menguji hubungan variabel independen (kualitas pelayanan, pengetahuan produk, dan tingkat pendapatan) terhadap variabel dependen (minat menabung). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif antara kualitas pelayanan terhadap minat mahasiswa dalam menabung di BMT sedangkan variabel pengetahuan produk dan tingkat pendapatan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam menabung di BMT. Adapun ketiga variabel tersebut secara bersama-sama mempengaruhi minat mahasiswa dalam menabung di BMT. Penemuan ini memiliki implikasi praktis bagi BMT sebagai lembaga keuangan mikro syariah yang bergerak dalam bisnis jasa keuangan untuk meningkatkan layanan dan edukasi atau literasi keuangan guna memperkuat peningkatan minat menabung mahasiswa muslim. Perbaikan kualitas pelayanan, peningkatan pengetahuan produk, dan strategi yang mempertimbangkan tingkat pendapatan mahasiswa dapat menjadi kunci dalam mengembangkan transaksi keuangan untuk produk tabungan yang lebih efektif serta berprinsip syariah di lingkungan akademis.

Author Biographies

Septiana Felia Tri Nuryanti, UIN Raden Mas Said Surakarta

Program Studi S1 Perbankan Syaria

Kelas 5F

UIN Raden Mas Said Surakarta 

Fuad Dhiya Ul Husaen, UIN Raden Mas Said Surakarta

Perbankan Syariah

Fakutas Ekonomi dan Bisnis Islam

References

Hasanah, S. M., & Susmita, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menyimpan Dana Di Ksu Bmt Daruzzakah Mandiri SyariAh. Al Birru: Jurnal Keuangan Dan ¦, I(1), 21-50. http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/albirru/article/view/526%0Ahttp://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/albirru/article/download/526/387

Indarsih, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Menabung Di Bmt Yaqawiyyu Jatinom. http://repository.unwidha.ac.id:880/3080/%0Ahttp://repository.unwidha.ac.id:880/3080/1/Nurul Fix.pdf

Maghfiroh, N. L. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung: studi kasus pada nasabah BMT An Nur Rewwin Sidoarjo. http://digilib.uinsby.ac.id/25949/

Maufiroh, H., Diana, N., & Hidayati, I. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH , PRODUCT KNOWLEDGE , DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PERIODE 2019-2022 ( Studi kasus pada BMT NU cabang Wringin , kab . Bondowoso ). 4(1), 484-499.

Mauludia, Z., & Mulyani, S. (2023). Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Minat Anggota Untuk Menabung ( Studi Pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syari ah Jatim ) Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. Perbankan Syariah, 4, 20-38.

MS, A. H. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung Masyarakat di BMT Trans Mukti Tama Syariah Masamba (Studi pada Pedagang Pasar Sentral Masamba). Repository.Iainpalopo.Ac.Id. http://repository.iainpalopo.ac.id/4030/1/abd hanan asrawi ms13.pdf

Mudhori dan Rohmah, F. (2022). 2.+Layout+-+Artikel+Mundhori+Al-Muhasib. Al-Muhasib:Journal of Islamic Accounting and Finance, 2(1), 21-44.

Putri, A., & Setiawan, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat remaja menabung di bank syariah dengan pengetahuan sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business, 2(3), 139-149. https://doi.org/10.53088/jmdb.v2i3.165

Rahayu, O. (2018). Pengaruh promosi dan pelayanan terhadap minat menabung pada anggota bmt binamas purworejo. Oikonomia, 7, 127-132.

Ramadhani, D., & Retnosari, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah BMT Bima terhadap Produk Simpanan dalam Berinvestasi Syariah. Economics and Education Journal (Ecoducation), 4(1), 34-51. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v4i1.1690

Wulandari, S., Sulastyawati, D., & Ilhamiwati, M. (2021). Analisa Minat Menabung Mahasiswa Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah untuk Menabung di Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Pat Sepakat. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1393

Yuliyati, Y., & Kurniawan, I. S. (2016). Pengaruh Periklanan, Kualitas Pelayanan, Jaminan Rasa Aman, Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Pada Nasabah Bmt Al Ikhwan Kantor Cabang Condong Catur. Jurnal Manajemen, 6(2), 29-42. https://doi.org/10.26460/jm.v6i2.226

Published

2024-04-09

Issue

Section

Artikel