Analisis Finansial Usahatani Peternakan Sapi Bali Di Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah

Hanipan Iwan Jaya, Wahyu Isnanda Nasution

Abstract


Usahatani peternakan sapi bali milik Bapak Parno di Ketapang II Blok D Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah, merupakan kawasan peternakan yang diharapkan sebagai daerah pengembangan ternak sapi bali di Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa finansial dengan mengunakan rumus : Net Present Value (NPV), Internal Rate of return (IRR), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C Ratio), Gross Benefit Cost Ratio (Gross B/C Ratio), profitability Ratio (PR), Break Event Point (BEP) Penerimaan, BEP Produksi, BEP Harga dan Cash Flow. Data yang digunakan data primer dengan wawancara langsung dengan petani sampel dan observasi dengan mengunakan kuisioner.

Dari hasil analisis finansial dalam studi kelayakan usahatani peternakan sapi bali milik Bapak Parno di proleh nilai NPV sebesar Rp. 74,093,968, IRR sebesar 20,1%, Net B/C Ratio sebesar 1,84, gross B/C Ratio sebesar 1,28, PR sebesar 1,6, BEP penerimaan sebesar Rp. 6,677,358/tahun, BEP produksi sebesar 0,72 ekor/tahun dan BEP harga sebesar Rp. 1,748,328/ekor. Berdaskan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa usahatani peternakan sapi bali milik Bapak Parno layak untuk diusahakan atau dikembangkan untuk masa yang akan datang, hal ini berdasarkan dari hasil perhitungan yang diperoleh dari analisis yang digunakan. Disarankan kepada Bapak Parno untuk dapat terus mengembangkan usahatani peternakan sebagai peluang usaha yang baik untuk meningkatkan pendapatan dan mengigat luas lahan pengembalaan yang luas diharapkan kepada para usahatani untuk biasa memamfaatkannya menjadi suatu usahatani peternakan sapi bali yang cukup menjanjikan, juga diharapkan kepada Pemerintah Daerah atas kerjasamanya dalam menbantu dan membina para usahatani peternakan sapi bali kedepannya.


Keywords


Peternakan Sapi Bali, kelayakan usaha

Full Text:

PDF

References


Amam (2010). “Analisis Finansial Penggemukan Kambing Peranakan Boer (f1) di Perusahaan Peternakan CV. Agriranc Karang malang. Malang. Peternakan Universitas Brawijaya.

Bambang Irawan, I Wayan Rusastra. Dkk. . Dinamika Sosial Ekonomi Pertanian Dan Pedesaan, Ening Ariningsih. Jakarta.

Clive gray. 1964. Pengantar evaluasi proyek. Amerika serikat.

Dr. H. Ali musa pasarribu, M.S. 2012. Perencanaan Dan Evaluasi Proyek Agribisnis.

Lily Publisher. Jakarata.

Eko Ardy Prasetyo (2011). “Analisis Finansial Usaha Ternak Sapi Perad pada UD. Hadi Ngijo Karang Ploso Malang. Malang. Sosial Ekonomi.

Hardjosubroto.1994. Peternakan Sapi Bali. Erlangga. Jakarta.

Henry Faizar Noor. 2007. Teori Produksi. Penebar swadaya. Yokyakarta.

Husnan, S. Muhammad, S. 2000. Studi Kelayakan Proyek. UUP STIM YKPN. Yogyakarta.

Kasmir dan Jakfar. 2009. Studi kelayakan bisnis edisi kedua. Kencana prenada media group. Jakarta.

Moran. 1990. Peternakan Sapi Bali Indonesia. Gramedia Pustaka utama. Jakarta.

Riza Setiawan (2011). “Analisis Fianansial Usahatani Peternakan Sapi Bali di Koperasi Peternakan (Nandiri Krisna) Jembrana bali. Kecamatan Melaya kabupaten Jembrana. Sosial Ekonomi Pertanian.

Salman, Tavi Supriana, Ma’ruf Tafsin.2013. Analisis Fakto-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya populasi Ternak Sapi Bali di Peternakan Ketapang Kabupaten Aceh Tengah. Departemen/Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan

Suratiyah, k. (2009). Ilmu usahatani. Jakarta: penebar swadaya.

Umar, Husein. 2001. Study Kelayakan Bisnis Edisi 3 Revisi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/ekonomika.v11i2.9850

Article Metrics

 Abstract Views : 319 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hanipan Iwan Jaya, Wahyu Isnanda Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.