RESISTENSI MASYARAKAT TERHADAP GEUCHIK DALAM PENANGGANAN PANDEMI COVID-19 (Studi di Gampong Kampung Tengah Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya)

Wiwin Nuzula, Nirzalin Nirzalin, Fauzi Fauzi, Fakhrurrazi Fakhrurrazi

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang “Resistensi Masyarakat Tehadap Geuchik Dalam Penangganan Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Gampong Kampung Tengah Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya). Studi ini menempatkan perspektif teoritis resistensi James C. Scott dalam analisis kajian yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengeksplorasi resistensi yang dilakukan masyarakat Gampong Kampung Tengah terhadap Geuchik dalam penangganan pandemi Covid-19. Penelitian ini juga bertujuan memahami bentuk-bentuk resistensi yang dilakukan masyarakat Gampong Terhadap Geuchik. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis. Sementara itu yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Geuchik Gampong Kampung Tengah, Kepala Dusun Tengah serta petugas rumah sakit. Kemudian masyarakat yang terlibat melakukan resistensi dan yang tidak terlibat dalam melakukan resistensi terhadap Geuchik sebagai informan tambahan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan motivasi yang mendorong masyarakat melakukan resistensi terhadap Geuchik adalah dorongan ketidakpercayaan masyarakat terhadap keberadaan dan penyebaran Covid-19, kesulitan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, persepsi masyarakat menganggap isu pandemi Covid-19 sebagai ladang bisnis, dorongan isu dan berita Hoax, hingga persepsi negatif masyarakat terhadap penyaluran bantuan sosial masyarakat terdampak Covid-19 serta tidak ada penyuluhan dari dinas kesehatan. Mengenai bentuk perlawanan yang dilakukan masyarakat yakni menolak vaksinasi, tidak menaati pemberlakukan penerapan protokol kesehatan, serta gosip dari masyarakat hingga tindakan vandalisme.


Keywords


Resistensi, Masyarakat, Geuchik, Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Diana Lusi (2018), Resistensi Karyawan Terhadap Direktur Rumah Sakit (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah Muyang Kute Kabupaten Bener Meriah). Prodi Sosiologi FISIP Universitas Malikussaleh.

Eko Yuwono, Agust (2010), Resistensi Masyarakat Terhadap Rencana Pembangunan Pabrik Semen Gresik Di Desa Kedumulyo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Prodi Sosiologi Dan Antropologi FISIP Universitas Negeri Semarang.

Halimah Dan Halik 2016. Fungsi Keuchik Dalam Pelayanan Publik Di Kecamatan Glumpang Baro Kabupaten Pidie. Jurnal Warta Edisi: 61 Juli 2019 Issn: 1829-7463.

Lomboan, Mourine V. 2020. Gambaran Persepsi Masyarakat Tentang Pencengahan Covid-19 Di Keluharan Talikuran Utara Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Kesmas, Vol. 9, No 4, Juli 2020.

Mayangsari Ayu, Senja (2017), Kajian Kesejahteraan Masyarakat Pembuat Gula Merah Merah Desa Rejodadi Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Mufti Muslim. 2020. Analisis Pengukuran Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintah: Kekuatan Bagi Penangganan Covid-19 Berbasis Masyarakat. Ilmu Politik, Uin Sunan Gunung Djati Bandung, Muslimmufti@Uinsgd.Ac.Id

Satrianingrum, Afifah Prima Dan Prasetyo Lis 2021. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksana Pembelajaran Daring Di Paud. Jurnal Obse Si Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1):633

Scoott, James, C. 2000 Senjata Orang-Orang Kalah: Bentuk Perlawanan Sehari-Hari Kaum Tani. Jakarta: Pt. Yayasan Obor Indonesia.

Susilowati, Enik Zuni Dan Indarti Titik 2018. Perempuan Dalam Kumpulan Tandak Karya Royyan Julian (Teori Resistensi Kumpulan Tandak Karya Royyan Julian (Teori Resistensi- James C. Scott).

Sztompka, Piotr. 2011 Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Pt. Prenada Media Group.

Wahidah Idah. 2020. Pandemik Covid-19: Analisis Perencanaan Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (Jmo), Vol.11 No. 3, Desember 2020, Hal. 179-188.

Wonok, Gerry R.J. 2020. Strategi Pemerintah Desa Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19). Jurnal Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UNSRAT.




DOI: https://doi.org/10.29103/jsds.v8i1.5877

Article Metrics

 Abstract Views : 135 times
 PDF Downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI DIALEKTIKA SOSIAL

Gedung Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah, Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia.

Email: jurnalsosiologi@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats