STRATEGI JARINGAN SOSIAL NELAYAN KERAMBA JARING APUNG DALAM MEMBANTU PEREKONOMIAN KELUARGA (Studi Di Desa Teluk One-One, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Takengon)

Nisa Latifah, Fauzi Fauzi, Suadi Zainal, Fajri M Kasim

Abstract


Penelitian ini bebertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi jaringan sosial nelayan keramba jaring apung dalam membantu perekonomian keluarga. Lokasi penelitian ini di Desa Teluk One-One , Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Takengon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi yang dilakukan nelayan keramba jaring apung untuk membangun jaringan sosial dalam kerjasama untuk membantu meningkatkan ekonomi keluarga.  Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehidupan nelayan keramba jaring apung memiliki hubungan erat dengan lingkungan alam untuk membantu perekonomian keluarga dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam dengan dua sektor produksi sekaligus yaitu sektor produksi dan sektor non produksi. Nelayan keramba jaring apung terlibat dalam kegiatan ekonomi pada sektor produksi pertanian dan sampingan dalam sektor keramba jaring apung. Nelayan keramba jaring apung menggunakan strategi dengan membuat kegiatan sosial dan saling membantu dalam segala aspek, seperti berbagi ikan hasil panen, menjenguk kerabat yang sakit dan ikut berpartisipasi saat terjadi musibah serta melakukan kenduri serta makan bersama dengan kerabat di keramba jaring apung. Strategi nelayan keramba jaring apung terjadi melalui penguatan kepercayaan dan jaringan terhadap pihak eksternal maupun internal. Secara internal mereka memperkuat solidaritas dengan kerabat yang kemudian menjadi komunitas, dan secara eksternal mereka membangun kepercayaan dengan pihak toke.


Keywords


Strategi, Jaringan Sosial, Nelayan Keramba Jaring Apung, Ekonomi Keluarga

Full Text:

PDF

References


Suwaib Amiruddin 2014. “Jaringan Sosial Pemasaran Pada Komunitas Nelayan Tradisional Banten” Jurnal Komunikasi Universitas Negri Semarang Vol.6 Hal 107-115

Tanzil 2019. “Peranan Jaringan Sosial Dalam Penanganan Kemiskinan Nelayan Di Baubau” Vol. 8 No.2 Hal 61-71 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo

Hikmat. 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Bandung: Humanoira Utama.

Kusnadi. 2009. Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir, Ar-Ruzz Media. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.29103/jsds.v8i1.5215

Article Metrics

 Abstract Views : 153 times
 PDF Downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI DIALEKTIKA SOSIAL

Gedung Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah, Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia.

Email: jurnalsosiologi@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats