Pola interaksi masyarakat desa dengan tenaga kesehatan pada masa Covid-19 ( studi kasus di Desa Jaluk, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah)

Tria Dewi Tria, Saifuddin Yunus

Abstract


Penelitian ini mengkaji pola interaksi masyarakat desa dengan tenaga kesehatan pada masa Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Jaluk, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan diskriptif analisis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori aksi yang dikembangkan oleh Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi masyarakat terjalin dikarenakan tindakan aksi, pengalaman, pengetahuan, tindakan rasional, dan nilai dalam masyarakat desa. Pola interaksi yang terjalin antara masyarakat dan tenaga kesehatan yaitu: Interaksi dalam kegiatan penyuluhan, Interaksi dalam kerjasama penanggulangan covid-19, interaksi dengan prosedur prokes, kepercayaan terhadap tenaga kesehatan di desa, interaksi dalam kecurigaan dengan tenaga kesehatan. Sedangkan alasan masyarakat mengizinkan tenaga kesehatan kembali ke desa karena sifat kekeluargaan yang masih tinggi dikalangan masyarakat, kepercayaan terhadap tenaga kesehatan serta kebutuhan masyarakat kepada tenaga kesehatan. 

Keywords


Kata Kunci: Interaksi Sosial, Tindakan Sosial, Masyarakat, Tenaga Kesehatan dan Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Burhan, M. Bungin. 2009. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja. Bandung Rosda Karya

Noorkasiani, Heryati, Ismail Rita. 2009. Sosiologi Keperawatan. Jakarta: EGC

Saifuddin, 2015. Interaksi Guru Dengan Orang Tua Siswa Era Perang dan Damai di Aceh. Islamica Jurnal Studi Keislaman. Volume. 9 Nomor 2. Pp 402-423

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Cetakan ke-44. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Soyomukti, Nurani. 2010. Pengantar Sosiologi. Jogjakarta: Penerbit AR-RUZZ MEDIA

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif. Malang: ALFABETA

Almistaria.2018. Perilaku Kesehatan Santri di Dayah Nurul Muhtadie AL AZIZIYAHDiMeuria Paloh KecamatanMuara Satu Kota Lhokseumawe.

Fitriani, Leni. 2017. Pola Interaksi Guru dan Murid di Min Kreung Aji Lhok Kuyuen DiKecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara.

Brier, J. (2020).Gambaran Persepsi Masyarakat Tentang Peran Perawat Puskesmas Pada Masa Covid-19 Dikota Kupang. 21(1), 1-9.

Fadli, F., Safruddin, S., Ahmad, A. S., Sumbar, S., & Baharuddin, R. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan pada Tenaga Kesehatan Dalam Upaya Pencengahan Covid-19. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 6(1), 57-65. https://doi.org/10.17509/jpki.v6i1.24546




DOI: https://doi.org/10.29103/jsds.v8i1.5135

Article Metrics

 Abstract Views : 233 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI DIALEKTIKA SOSIAL

Gedung Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah, Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia.

Email: jurnalsosiologi@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats